Cegah Banjir, Pemko Bukittinggi bakal Bangun Drainase

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias (foto-IG)

Pemerintah Kota Bukittinggi berencana akan membuat saluran drainase di sepanjang jalan Bypass tahun ini. Ini untuk mencegah banjir yang kerap menggenangi jalan tersebut tiap kali musim hujan tiba.

“Rencana itu sebagaimana diintruksikan oleh wali kota. Beliau bahkan dalam beberapa kesempatan sudah melakukan kunjungan lapangan di kawasan jalan Bypass itu,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bukittinggi, Rahmat Afrisyaf Elsa, Minggu (17/5).

Terbaru, katanya, dikunjungi bersama salah seorang anggota DPR RI serta dari Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III Sumatera, beberapa waktu lalu. Pekerjaan pembuatan saluran drainase itu penting dipercepat dengan harapan tak ada lagi banjir dan genangan air di ruas jalan tersebut.

Rahmat menambahkan, dalam peninjauan itu, Wali Kota Ramlan Nurmatias meminta adanya trotoar dalam pembuatan saluran drainase jalan Bypass tersebut. Selama ini, jalan Bypass sering terjadi genangan air atau banjir, terutama saat hujan lebat.

“Saat ini, proses perencanaan sudah berjalan dan secepatnya juga akan diselesaikan. Perencanaannya begini, saluran atau pembuangan drainase akan dibangun di jalan Bypass termasuk kawasan sekitarnya,” katanya.

Menurutnya, beberapa titik wilayah di Bukittinggi sering dilanda banjir genangan. Terutama kawasan sepanjang jalan Bypass yang terlihat memang sering digenangi air. Kondisi itu terjadi karena air di jalan tidak memiliki saluran untuk dialiri.

Pihaknya sesuai intruksi wali kota bakal membangun saluran air sepanjang 4 Km di jalan tersebut. Selain itu, saluran air di depan RSUD atau samping Bypass, juga akan diaktifkan kembali.

“Semua celah yang dapat membuat air tergenang saat hujan akan kita buka. Kita melakukan revitalisasi bandar (drainase) yang sudah ada. Bandar atau saluran itu difungsikan kembali. Selain itu, kita juga melakukan pemeliharaan rutin,” papar Rahmat A.E. (p)