Pemko Bukittinggi Longgarkan Penggunaan Masker Luar Ruangan

11
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa terdapat pelonggaran masker, Wali Kota Bukittinggi langsung umumkan hal serupa untuk Kota Bukittinggi, Selasa (17/5). Respons cepat dari Wako ini, tentunya menjadi kabar baik bagi masyarakat Bukittinggi.

Dalam arahannya, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, mulai tanggal 17 Mei 2022, masyarakat Bukittinggi sudah dapat beraktifitas di luar ruangan tanpa menggunakan masker. Pelonggaran juga berlaku untuk pengunjung Kota Bukittinggi.

“Kini, masyarakat yang berada di Bukittinggi boleh tidak menggunakan masker di ruangan terbuka,” ujar Wako Erman Safar.

Meski demikan, lanjut Wako, Pemko juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker, jika melaksanakan pertemuan di ruang tertutup dan juga saat berada di transportasi umum. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, juga tetap disarankan untuk menggunakan masker saat beraktifitas.

“Untuk antisipasi juga. Waspada itu harus, antisipasi juga tetap kita jalankan. Lebih baik dicegah dari pada mengobati. Namun, kita longgarkan, untuk aktifitas luar ruangan tidak apa apa jika tidak gunakan masker,” tambah Wako.

Baca Juga:  Kapolda Sumbar Buka Sumatera Bike Week 2022 di Bukittinggi

Diberitakan, Presiden Joko Widodo, telah mengumumkan kebijakan melonggarkan pemakaian masker. Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). Kebijakan pelonggaran masker ini memperhatikan kondisi COVID-19 yang semakin landai.

“Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” ujar Jokowi. (*)