ASN Rame-Rame Pajang Foto Wako Di Medsos Pribadi

38
Wako Bukittinggi Erman Safar.(NET)

Para pejabat di Pemko Bukittinggi menunjukkan gerakan serentak dengan memasang foto Wako Erman Safar di media sosial mereka masing-masing. Hal itu mulai dilakukan para pejabat sejak Rabu (22/9) pagi.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Bukittinggi, Yulman Yudhistira yang turut serta mengganti foto profilnya dengan gambar Wako mengaku sebagai bentuk dukungan kepada pimpinan.

“Ini bentuk dukungan kami sebagai ASN satu gerak dengan Pak Wali Kota,” katanya dihubungi Padang Ekspres, Kamis (23/9).

Yulman berharap dengan langkah sederhana itu bisa menumbuhkan semangat kebersamaan dalam membangun Kota Bukittinggi.

“Ini wujud bahwa kami tidak ingin lagi ada perbedaan yang beraroma negatif di Kota Bukittinggi. Kami sebagai pelayan masyarakat ingin membantu pimpinan mewujudukan visi misinya,” pungkas Yulman.

Menyikapi hal itu, praktisi hukum Kota Bukittinggi, M Nur Idris menyampaikan kritikan di akun Facebook miliknya. Menurut Idris, ada intruksi dari petinggi Kota Wisata yang memerintahkan pejabat ASN melakukan itu.

“Hampir semua pejabat SKPD saya lihat foto profil mereka sama. Foto Wali Kota Erman Safar dengan pakaian dinas putih. Ini hal baru di Kota Bukittinggi,” katanya.

Baca Juga:  Ilham Randy, Pengusaha Muda Kandidat Kuat Caketum Hipmi Bukittinggi

M Nur Idris menilai perbuatan para ASN itu tidak mungkin dilakukan secara sukarela tanpa ada yang memberi instruksi khusus. “Dilihat dari sisi hukum tidak ada yang terlanggar. Tapi kalau berbicara etika pemerintahan, ini sudah bisa disebut penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh Wali Kota. Ini bisa membuat kinerja pegawai menjadi tidak nyaman. Ada indikasi jika itu tidak dilakukan, akan berdampak pada jabatan tersebut,” katanya.

“Sebaliknya, jika ini hanya dipasang ASN untuk menyenangkan pimpinan, maka inilah kemunduran dalam kinerja pemerintahan Kota Bukittinggi,” jelasnya. (ryp)