Pasien Covid-19 Terus Meningkat, Tambah Fasilitas RSAM Bukittinggi

23

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau kesiapan sarana dan prasarana Rumah Sakit Ahmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi, khususnya dalam Penanganan Covid-19, Rabu (27/5/2020).

Kedatangan Wagub merupakan persiapan menjelang berakhirnya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II di Provinsi Sumbar pada 29 Mei 2020.

Nasrul mengatakan bahwa hasil refocusing anggaran pada APBD Sumbar 2020, berkemungkinan masih tersedia anggaran yang bisa dimanfaatkan RSAM Bukittinggi untuk melengkapi apapun kebutuhan yang mendesak.

“Terkait penambahan kapasitas perawatan beserta kelengkapannya, saya minta segera diajukan usulannya. Saya mau cepat saja, kalau bisa hari ini dan besok kita bicarakan di provinsi,” jelas Nasrul.

Menurutnya, hal itu penting mengingat masih adanya penambahan kasus-kasus baru. RSAM Bukittinggi masih harus menyiapkan diri agar penanganan Covid-19 berjalan baik dan lancar sesuai standar protokol kesehatan.

“Sampai hari ini kita kan belum sampai di puncak (kurva Covid-19), kita perlu persiapan, seperti penambahan tempat tidur dan fasilitas lainnya. Nantinya akan tersedia 100 tempat tidur, sekarang baru 26 tempat tidur,” ujarnya pada kesempatan dihadiri Direktur RSAM Bukittinggi Dr. Khairul Said dan jajaran.

Menurut Wagub, dia juga telah menyampaikan ke Badan Keuangan Daerah bersama Inspektorat untuk melakukan evaluasi pemanfaatan anggaran penanganan Covid-19 terhadap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Sumbar sekaitan dengan pengadaan barang dan jasa.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar hari ini terjadi penambahan 27 kasus pasien baru positif Covid-19 sehingga total menjadi 537 orang. Sedangkan sehari sebelumnya bertambah sebanyak 32 orang. (rel/esg)