112 ASN Ikut Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah

13

Sedikitnya 112 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi, mengikuti ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari di UPT BKN Padang ini dibuka secara resmi, Senin (27/6).

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, didampingi Kepala BKPSDM Bukittinggi, Sustinna menjelaskan, pada tahun 2022 ini, ada sebanyak 112 ASN yang ikut.

Terdiri dari, ujian dinas tingkat II atau eselon III dari pangkat III D ke IV A sebanyak 8 orang, ujian penyesuaian ijazah sebanyak 12 orang dan ujian dinas tingkat I dari II D ke III A sebanyak 92 orang.

“Kegiatan ini kita laksanakan selama 2 hari. Senin untuk pembekalan oleh BKN dan Selasa pelaksanaan ujian. Metode ujian menggunakan CAT (Computer Assisten Test), selanjutnya ujian makalah dan wawancara bagi peserta ujian dinas tingkat II dan penyesuaian ijazah. Kita fasilitasi PNS yang memenuhi syarat. Sementara pelaksana, untuk pelaksanaannya langsung oleh BKN,” jelasnya, Selasa (28/6).

Dijelaskan, untuk PNS yang ikut ujian dinas tingkat I, minimal 2 tahun pangkat II D. Untuk ujian dinas tingkat II D, minimal 2 tahun di pangkat III D dan sedang menduduki jabatan eselon III. Sementara itu untuk ujian penyesuaian ijazah, PNS yang bersangkutan harus memiliki ijazah S1, minimal 1 tahun di pangkat terakhir.

Baca Juga:  Capaska Jalani Tantingan di Desa Bahagia

“Paling utamanya, semua peserta diwajibkan memiliki nilai SKP baik. Karena tujuan kegiatan ini, sebagai salah satu poin untuk melengkapi syarat kenaikan pangkat pindah ruang golongan. Jadi ini sangat penting untuk peningkatan kompetensi dan masa depan para PNS,” pungkasnya. (ryp)