13 Perusahaan Terima Poster K3 dari BPJamsostek Bukittinggi

Sebagai salah satu upaya promotif dan preventif, BPJamsostek Cabang Bukittinggi menggelar sosialisasi pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Program itu ditindaklanjuti dengan penyerahan poster berbingkai acrylic kepada 13 perusahaan binaan yang berada di wilayah kerja BPJamsostek Cabang Bukittinggi serta Kantor Cabang Perintis sekitarnya.

PPS Kepala Cabang BPJamsostek Bukittinggi, Yori Pratama menyebut pemberian Poster K3 bertujuan sebagai penyediaan sarana edukasi untuk pencegahan kecelakaan kerja serta Penyakit Akibat Kerja (PAK).

“Poster ini nantinya dipasang di tempat strategis perusahaan yang dapat dilihat jelas oleh peserta BPJamsostek,” katanya, Rabu (29/7/2020).

Ditegaskan Yori, BPJamsostek terus berupaya selalu memberikan yang terbaik kepada pesertanya.

Perusahaan yang mendapatkan poster K3 adalah perusahaan yang tertib iuran dan administrasi.

“Penyerahan Poster K3 ini program nasional BPJamsostek yg jg dilaksanakan seluruh kantor BPJamsostek di Indonesia. Harapannya semoga dapat menekan jumlah penyebaran virus korona,” ujarnya lagi.

Meski tenaga kerja sudah terlindungi dengan keempat program BPJamsostek yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP), namun BPJamsostek tetap menekankan bahwa paling penting adalah penerapan pola kerja yang sehat dan selamat.

“Pencegahan terjadinya kecelakaan kerja juga bisa dimulai dari diri sendiri dan sesama rekan kerja. Hanya dengan saling mengingatkan sesama rekan kerja, kita bisa sama-sama mencegah terjadinya kecelakaan kerja,” tutup dia.

Sebelumnya, kegiatan promotif dan preventif juga sudah ditempuh BPJamsostek Cabang Bukittinggi dengan menyerahkan bantuan masker dan multivitamin kepada beberapa perusahaan binaan dalam masa pandemi Covid-19, Kamis (25/7/2020) lalu.

Kepala Bidang Pelayanan BPJamsostek Bukittinggi Lisa Anamerta mengatakan tujuan kegiatan promotif dan preventif untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab pekerja dalam menjaga keselamatan dan kesehatan dirinya dari sebelum mulai bekerja sampai selesai bekerja untuk pencegahan Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK) di lingkungan kerja perusahaaan peserta.

Melalui penyerahan bantuan ini, sambung Lisa, diharapkan para peserta BPJamsostek terlindungi dari penularan Covid-19.

Selain masker, para pekerja juga diberi mutivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Kalau imunitas tubuh pekerja meningkat, mereka tidak akan terpapar Covid-19.

“Total bantuan yang diberikan berupa 4.000 masker dan 1.500 vitamin. Bantuan itu disebar kepada 57 perusahaan yang ada di wilayah kerja BPJamsostek Bukittinggi termasuk KCP Agam, KCP Limapuluh Kota, KCP Tanahdatar, KCP Pasaman dan Pasaman Barat,” katanya.(rel/r)