Bupati dan Ketua DPRD Kompak Bantu Korban Kebakaran 

Kepedulian dua kader PDIP yakni Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto dan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kepada nasib sesama, pantas diacungi jempol.

Buktinya mereka langsung turun ke lapangan guna membantu Diyem, 80, warga Jorong Lubuk Aur, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung yang rumahnya terbakar. Kendati hari libur, tak menyurutkan langkah kedua pimpinan lembaga legislatif dan eksekutif di Dharmasraya itu, membantu warganya, Minggu (06/09/2020).

Kedatangan ketu DPRD dan bupati itu, disamping ingin melihat langsung kondisi Diyem yang selamat dari musibah kebakaran, juga melihat kondisi rumah yang ludes terbakar. Tak urung kedatangan kader partai wong cilik itu membuat Diyem, tak kuasa menahan tangis haru karena tidak menyangka didatangi langsung oleh bupati dan ketua DPRD.

Menurut Pariyanto, sebagai wakil rakyat merupakan tanggung jawab moral membantu warganya yang tengah ditimpa musibah. “Ini kewajiban kita bersama untuk mengurangi beban Mbah Diyem, yang rumahnya terbakar. Kita wajib membantu meringankan beban Mbah Diyem. Untuk itu kepada warga setempat, perangkat jorong, hingga nagari, mulai hari ini untuk membantu Mbah Diyem. Salah satunya dengan cara bergotong-royong membersihkan puing-puing kebakaran,” papar Pariyanto.

Baca Juga:  "World Clean Up", Duo Kader PDIP Ini Kampanyekan Menjaga Kebersihan

Pariyanto juga menyampaikan, bahwa rumah Diyem akan dibangun kembali sehingga Diyem dan anaknya dapat tinggal dengan layak.   “Mudah-mudahan dengan semangat kebersamaan harapan Mbah Diyem untuk kembali memiliki rumah yang layak, bisa terwujud,” harap Pariyanto.

Senada, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga turut berempati atas musibah yang menimpa Diyem. Dalam kunjungan tersebut Bupati menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 3 juta  ditambah dengan bantuan lainnya seperti kasur, selimut, dan bahan sembako. Secara pribadi, Sutan Riska juga memberikan bantuan uang tunai.

Sementara itu tangis Diyem pecah saat Sutan Riska mengucapkan salam. Diyem menceritakan kondisi yang sedang dialami dan dengan haru Sutan Riska merangkul tangan serta bahu Diyem sambil berkata “Ini musibah kita bersama mbah, yang tabah ya mbah, sabar..!” kata Sutan Riska memotivasi.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Sutan Riska dan Ketua DPRD Pariyanto yang sudah membantu mbah mengatasi musibah ini. Mudah-mudahan seluruh kebaikan ananda berdua dibalas oleh Yang Maha Esa. Aamin,” balas Diyem sambil menyeka air matanya. (*/bis)