Pemkab Dharmasraya Peduli Nasib Para Lansia

16
Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan mengunjungi lansia. (Foto: IST)

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Datuak Rajo Medan yang juga adalah Ketua Komda Lansia, punya cara tersendiri memperhatikan kaum lansia yang ada di Dharmasraya. Di hari Jumat (6/3/2020), sambil menghantarkan bantuan, Wabup bertandang langsung ke rumah-rumah lansia yang ada di Jorong Lubuk Aur, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung.

Sebelumnya, tak terlintas di pikiran Mbah Karyo, 76, lansia yang tinggal bersama pasangannya di rumah sederhana miliknya di Nagari Gunung Medan itu akan didatangi orang nomor dua di Dharmasraya. “Weleh, Pak wakil, monggo masuk,” ujar si Mbah yang tengah istirahat siang.

Wabup sengaja turun dari mobil agak jauh, lalu berjalan kaki kurang lebih lima puluh meter dari halaman rumah si Mbah. Sesampai disana beliau menanyakan kondisi kesehatan si Mbah, melihat langsung keadaan isi rumah mulai kamar dan dapur.

“Mbah kalau ingin nambah sehatnya lagi, pintunya sering dibuka agar udara rumahnya bertukar,” saran Wabup kepada si Mbah.

Dalam kesempatan mengunjungi rumah lansia ini, Wabup turut memboyong tim kesehatan dari Puskesmas Gunung Medan, Baznas Dharmasraya, juga instansi terkait seperti Dinas Sosial P3APPKB Dharmasraya. Tim kesehatan guna memantau dan mengecek kesehatan lansia secara rutin, kemudian instansi terkait diperintahkan Wabup untuk membantu keinginan dan kekurangan setiap warga lansia.

Selanjutnya Wabup mengunjungi lansia lainnya yang bernama Harjo Sumirto,77, yang berada dalam kondisi sakit. Dalam kunjungan tersebut Wabup berpesan kepada salah orang anak Harjo agar selalu merawat orangtuanya. “Suatu pahala bagi kita selaku anaknya merawat sisa umur beliau, jangan sampai diabaikan pula,” kata Wabup.

“Soal kendala lain seperti pengobatan ataupun biaya rumah sakit biar pemerintah yang urus, sebab ada BPJS. Kemudian, rumah yang kurang layak ditempati lansia itu, wabup meminta perangkat nagari segera mengusulkan bantuan ke Baznas, sesuai dengan prosedur agar cepat dibantu,” jelas Wabup.

Wabup berpesan agar seluruh lapisan masyarakat, termasuk perangkat jorong dan nagari, agar melaporkan kepada pemerintah daerah soal keberadaan lansia yang kurang terperhatikan atau kurang mendapat pertolongan kesehatan. “Pemda akan selalu membantu, dan berada disamping kaum lansia,” pungkas Amrizal. (ita)