Jadi Irup di SMAN 1 Sikabau, Bupati Motivasi Siswa Semangat Belajar

38
Bupati Dharmasraya saat menjadi inspektur upacara di SMAN 1 Sikabau. (IST)

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjadi inspektur upacara (irup) di SMAN 1 Sikabau, Senin (08/02/2021). Di hadapan para pelajar, bupati memberikan semangat dan motivasi kepada generasi muda Dharmasraya untuk terus bersemangat menempuh pendidikan, bahkan meski di tengah kondisi pandemi.

Sebagaimana diketahui, kata bupati, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu telah mengeluarkan surat edaran untuk meniadakan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta ujian sekolah di masa darurat penyebaran Covid-19.

“Dengan tidak adanya ujian ini, jangan pula sampai melemahkan semangat belajar adik-adik semua. Banyak jalan untuk menguji kompetensi diri kita, yang penting ada kemauan,” ujar bupati.

Begitupun kepada para mejelis guru, bupati juga berpesan untuk lebih meningkatkan semangat dalam mendidik serta memberikan motivasi kepada siswa. Karena menurutnya, motivasi dari guru kepada siswa lebih berpengaruh daripada orangtuanya sendiri.

“Khusus bagi siswa XII yang akan tamat, jenjang pendidikan yang lebih tinggi menunggu kamu. Baik itu sekolah kedinasan, perguruan tinggi negeri, dan perguruan tinggi swasta. Bahkan jika ada yang berminat untuk menjadi calon TNI, bisa melapor ke Babinsa setempat. Karena Koramil Pulau Punjung mempunyai program pembinaan bagi tamanan SMA yang ingin menjadi TNI. Silakan bagi yang mau,” pungkas bupati.

Baca Juga:  Simpan Sabu di Lipatan Uang, Pemuda Dibekuk!

Terakhir, bupati juga berpesan kepada para guru dan siswa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (rel)