Prioritaskan DD untuk Penanganan Pandemi, Pariyanto Apresiasi Pemkab

3

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya yang tetap memprioritaskan penggunaan dana desa (DD) /nagari pada tahun 2021 untuk penanganan pandemi Covid-19.

Serta pencapaian SDG’s Nagari, yang akan menunjang pembangunan di nagari. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PTT Nomor 13 Tahun 2020.

Pariyanto mengatakan dengan prioritas dana desa tahun 2021, tentang pemulihan ekonomi masyarakat, mengisyaratkan saat ini pemerintah masih membatasi pembangunan fisik infrastruktur melalui persyaratan minimal pelaksanaan Padat Karya Tunai paling sedikit 50 persen.

“Artinya, kita semua diharapkan sabar terlebih dahulu di tahun ini menghadapi usulan kebutuhan masyarakat di Musrenbang tingkat nagari, untuk kebutuhan pembangunan melalui Dana Nagari. Kita belum dapat berbuat banyak karena harus memenuhi kewajiban PKDT minimal 50 persen ini,” ungkap kader PDI-Perjuangan ini.

Hal senada diungkapkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan , yang menjadi prioritas Dana Desa tahun 2021 dalam pemulihan ekonomi yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 12 bulan, senilai Rp 300 ribu per bulan, dari Januari hingga Desember 2021.

Baca Juga:  Masjid Agung Babussalam Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu

“Semoga bencana non alam pandemi Covid-19 segera berlalu di hadapan kita, sehingga ekonomi masyarakat tidak terganggu lagi. Sehingga tahun depan PKDT minimal 50 persen dan BLT DD tidak ada lagi, dan kita fokus melaksanakan pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan masyarakat. Aamiin,” ungkap bupati. (ita)

Previous articleHasilkan Gabah Bermutu, 10 Kelompok Tani Dibantu Alat Perontok Padi
Next articleKomut Semen Padang Letakkan Batu Pertama, SPH Dilengkapi Masjid