Informasi yang Disampaikan Harus Penuhi Kaidah Bahasa Indonesia

26
Pemkab Dharmasraya bersama BAlai Bahasa Provinsi Sumbar mengadakan diskusi dengan media massa. (IST)

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Media Massa, di Aula Lantai II Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (7/10/2020).

Semacam forum diskusi, kegiatan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa Tingkat Nasional tahun 2020 itu dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, dan diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik, serta pegawai pengelola media massa pemerintah di lingkup Pemkab Dharmasraya.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat, Aminulatif, yang bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan, acara ini disiarkan langsung secara nasional melalui aplikasi zoom, sebagai rangkaian acara sebulan penuh memeriahkan bulan bahasa tingkat nasional.

Forum diskusi ini banyak membahas kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan informasi melalui media massa. Sehingga diharapkan, media massa dapat mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah kebahasaan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman penggunaan bahasa di dalam masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, baik bagi wartawan maupun pengelola media massa yang ada di instansi pemerintah.

Baca Juga:  Ingin Pembangunan Berkelanjutan, Warga Koto Laweh Tolak Politik Uang

“Karena sebagai penyampai informasi, tentulah kita diharapkan dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar, agar informasi tersampaikan dengan baik,” ujarnya.

Ia mengajak, seluruh peserta untuk memanfatkan dengan baik forum diskusi ini, agar ke depan setiap informasi yang disampaikan betul-betul memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. (ita)