Lagi, Satreskrim Polres Dharmasraya Tangkap 3 Pelaku Illegal Mining

24

Genderang perang terhadap praktik illegal mining di Kabupaten Dharmasraya terus ditabuh Satreskrim Polres Dharmasraya. Kali ini tiga orang pelaku yang merupakan warga Kabupaten Bungo Provinsi Jambi diamankan Kamis (8/7) masing-masing NK, 50, EG, 40, dan NR, 47.

Aktifitas ilegal itu dilaksanakan di aliran sungai Koto Balai, Nagari Koto Padang Kecamatan Koto Baru. Kini ketiga pelaku ditahan di Mapolres Dharmasraya.

Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono didampingi Kasat Reskrim AKP Suyanto mengatakan, tersangka dijerat dengan UU No 3 tahun 2020 atas perubahan 4 tahun 2009 tentang minerba dengan ancaman penjara lima tahun dan denda Rp1 miliar.

Penangkapan ke tiga pelaku dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Suyanto. Bersama tersangka juga berjasil diamamkan sejumlah barang buktis masing-masing satu botol kecil berisikan air raksa atau mercuri.


Satu mesin dompeng merk yanly warna biru ukuran 30 pk, satu buah leher angsa, satu buah mesin NS 100 warna merah, satu buah pralon warna putih 6 inc. Di samping itu juga berhasil diamankan satu buah slang spiral warna biru ukuran 6 inc dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Setahun Terbengkalai, 4 KM Jalan Tani di Panyalaian Butuh Pengaspalan

“Selama kegiatan berlangsung situasi aman tetkendali dan untuk sementara waktu tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Dharmasraya untuk proses hukum lebih lanjut,” jelas AKBP Anggun. (ita)