Tagana Minta Pariyanto Perjuangkan Anggaran Kegiatan Kebencanaan

36

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto, mengingatkan agar Taruna Siaga Bencana (Taruna) dapat andil dalam membantu penanggulangan bencana di seluruh wilayah Ranah Cati Nan Tigo. Seperti diketahui, Provinsi Sumbar rawan bencana mulai dari gempa bumi, tanah longsor dan banjir.

“Memasuki bulan Desember ini potensi hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi. Jika itu terjadi peluang banjir dan tanah longsor pun akan semakin tinggi. Untuk itu saya berharap tim Tagana harus selalu siap siaga dan waspada dalam penanganan bencana alam tersebut,” ujar kader PDI Perjuangan ini usai peringatan Upacara Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Sementara itu, Koordinator Tagana M.Syawal meminta ketua DPRD untuk membantu mengadakan anggaran khusus untuk kegiatan kebencanaan.

Saat ini katanya cuma ada dana tanggap darurat. “Saat BPBD menyatakan tanggap darurat dan turun surat ke dinas, maka kami baru bisa buka dapur umum, mengadakan tenda-tenda dan pengungsian,” paparnya.

Ia menyebut Tagana mempunyai program Tagana Go to School untuk memperkenalkan kepada sekolah tentang tugasl dan fungsi Tagana. “Disaat pasca bencana di sekolah, kita ikut serta bergotong royong mengajak masyarakat membersihkan sekolah tersebut,” ungkap M.Syawal. (ita)