Pemkab Dharmasraya Raih Satyalancana Wira Karya

7

Kabupaten Dharmasraya kembali torehkan prestasi di kancah nasional. Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya meraih penghargaan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Republik Indonesia.

Penghargaan itu satu-satunya di Sumatera Barat dan diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas)bertempat di lapangan merdeka Medan Sumatera Utara.

Menurut Sutan Riska, salah satu indikator diraihnya penghargaan tersebut lantaran Pemkab Dharmasraya dinilai mampu dan berjasa di bidang pengendalian dan penduduk dan keluarga berencana termasuk membina lansia serta berbagai program lainnya.

“Apalagi melalui dana desa kita telah mengalokasikan dana khusus untuk menekan angka stunting sejak 2018. Kebijakan anggaran tersebut, dalam rangka pendataan stunting, penyediaan gizi bagi bayi pada seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK), serta insentif bagi kader posyandu dan kader pembangunan manusia. Dengan kebijakan serta alokasi anggaran tersebut, angka stunting kita dapat ditekan. Jika angka stunting nasional 24,4 persen, provinsi 23,3 persen, kita sudah berada di angka 19,5 persen. Kedepan sesuai harapan pak Presiden kita akan usahakan mencapai angka 14 persen” ujarnya.

Dalam sambutan Presiden Jokowi mengatakan, angka stunting dari tahun ke tahun mengalami perubahan sesuai harapan dan keinginan.

Pada 2013 angka stunting mencapai 37,2 persen, tahun 2018 berada di angka 30,8 persen, tahun 2019 mencapai 27,7 persen dan di tahun 2021 mencapai 24,4 persen. Presiden beraharap pada tahun 2024 angka stunting dapat mencapai 14 persen. (ita)