Pariyanto: Akses Jalan Menuju Air Terjun Alahan Tigo Dianggarkan 2021

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama masyarakat melaksanakan kegiatan arung jeram di Nagari Alahan Nan Tigo. Daerah ini potensial untuk pengembangan wisata air terjun dan arung jeram. (IST)

Berbagai aspirasi disampaikan warga di Nagari Alahan Tigo, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya kepada Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto salah satunya adalah pengembangan destinasi wisata yang ada seperti air terjun dan kegiatan arung jeram.

Pariyanto mendukung pengembangan destinasi wisata air terjun ini kendati ada beberapa kendala yang sedikit menghambat pengembangan destinasi ini. Kendala itu adalah akses jalan menuju lokasi destinasi wisata yang belum memadai. Padahal ada dua lokasi air terjun yang potensial untuk pengembangan destinasi wisata tersebut.

“Untuk itu kita akan mendorong agar akses jalan tersebut bisa diselesaikan minimal untuk pengerasan dan pembukaan jalan. Jika akses tersebut sudah lancar, otomatis pengunjung akan berdatangan. Di sisi lain masyarakat sekitar juga harus siap, artinya masyarakat harus menjadi masyarakat sadar wisata, harus open dan ramah kepada pengunjung. Karena tamu atau pengunjunglah yang akan membawa income ke nagari tersebut. Disamping itu juga harus dipersiapkan faktor penunjang yang lain seperti makanan dan minuman, lahan parkir, toilet dan lainnya,” ungkap kader PDIP ini didampingi Wali Nagari Alahan Nan Tigo, Ramdani.

Kemudian kata Pariyanto, ke depannya, juga harus ada penginapan tidak perlu yang mewah, tapi yang penting sekali harus bersih, seperti homestay minimal. Dan untuk kebutuhan lain seperti cinderamata BUMNag bisa mengelola hal tersebut.

“Jika kawasan wisata tersebut sudah bisa dikelola dengan baik, otomatis seluruh sektor akan bergerak yang berujung kepada peningkatan perekonomian masyarakat sekaligus membuka lapangan pekerjaan yang baru. Apalagi beberapa warga sekitar juga sudah mahir dalam berarung jeram. Nah keahlian itu juga bisa dipergunakan sebagai pemandu bagi pengunjung yang ingin berarung jeram dan tentu saja hal itu tidak gratis. Artinya akan bisa jadi sumber penghasilan bagi atlet arung jeram kita. Dan bagi warga yang ingin belajar arung jeram juga bisa jadi pelatih arung jeram. Insya Allah untuk menunjang perkembangan destinasi wisata yang ada, kami dari pemerintah akan menganggarkan pembukaan jalan menuju lokasi wisata pada tahun 2021,” tutur Pariyanto.

Baca Juga:  Jembatan Pulai Permudah Akses Warga ke Kebun

Sementara itu, Wali Nagari Alahan Tigo, Ramdani mengucapkan terima kasih banyak kepada Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto yang telah berkesempatan berkunjung dan menyapa masyarakat di Nagari Alahan Tigo dalam rangka bersilahturahmi serta menjemput aspirasi.

“Nagari Alahan Tigo ini mempunyai potensi wisata air terjun dan arung jeram yang masih belum terkelola dengan baik. Di sini kami berharap adanya perhatian khusus dari Pemerintah Dharmasraya dalam memajukan potensi wisata ini agar berdampak positif juga terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Nagari Alahan Tigo, serta infrastruktur juga masih sangat kami butuhkan. Semoga dengan datangnya ketua DPRD ke nagari kami ini, bisa membawakan aspirasi masyarakat kami ini ke Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya,” harap Ramdani. (*/bis)