Inna lillahi… Sumbar Berduka: Dasril Panin Dt Labuan Wafat

113

Kabupaten Dharmasraya berduka, dengan berpulangnya Wakil Bupati Dharmasraya periode 2021-2024, Dasril Panin Dt Labuan, Minggu (13/2), sekitar pukul 14.00 di Rumah Sakit Daerah Ahmad Mukhtar Bukittinggi karena sakit yang diderita dan sempat dirawat beberapa hari yang lalu.

Tak urung kabar duka tersebut membuat warga Dharmasraya terkejut sekaligus sebagai berduka. Karena sosok almarhum adalah sosok yang dekat dengan masyarakat.

Menurut Ampera Dt Labuan yang merupakan adik almarhum, almarhum sakit dan dibawa berobat ke RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi. “Namun takdir berkata lain, almarhum di panggil sang khalik,” ucapnya sedih.

Hal senada diungkapkan cucu almarhum Havis, “Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekdakab Dharmasraya, H.Adlisman dan beberapa orang ke barat lainnya ikut melepas kepergian almarhum,” terang Havis

Dasril Panin Datuk Labuan atau disingkat DP Datuk Labuan, Lahir 06 Agustus 1947, almarhum adalah politikus yang menjabat Wakil Bupati Dharmasraya periode 2021—2024 mendampingi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, almarhum merupakan wakil bupati yang tertua saat dilantik, yaitu berumur 73 tahun.

Diketahui karier politik almarhum, sejak 1975 dirinya aktif di organisasi kepemudaan seperti Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (sayap pemuda Golongan Karya/Golkar) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Ia dipercaya menjadi sekretaris dr. Abdul Gafur, sekretaris Dewan Pembina DPP Golkar untuk Indonesia Timur.

Baca Juga:  Pengurus Bhayangkari Dharmasraya Panen Sayur

Pada pemilihan umum 1982, Dasril dicalonkan Golongan Karya untuk menjadi Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari daerah pemilihan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Ia mengaku baru mengetahui bahwa ia dicalonkan setelah dipanggil oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Oddang. Ia terpilih dan duduk di DPR-RI hingga 1987.

Pada Pemilu 1992, ia maju kembali sebagai Calon Anggota DPR-RI dengan nomor urut 14 dari daerah pemilihan Sumatera Barat. Ia dilantik pada September 1993 sebagai pengganti antarwaktu Zulharman Said yang meninggal dunia. Ia ditempatkan di Komisi IV DPR-RI. Pada Pemilu 1997, ia kembali terpilih untuk periode ketiga di DPR-RI. Pada Pemilu 1999, ia kembali terpilih sebagai anggota DPR-RI untuk periode keempat dengan daerah pemilihan Sawahlunto.

Riwayat jabatan Almarhum Drs Dasril Panin Datuk Labuan yakni :
– Anggota DPR RI Fraksi Karya Pembangunan (1982—1987)
– Anggota DPR RI Fraksi Karya Pembangunan (1993—1997)
– Anggota DPR RI Fraksi Karya Pembangunan (1997—1999)
– Anggota DPR RI Fraksi Golkar (1999—2003)
Wakil Bupati Dharmasraya (2021— Sekarang)

Almarhum Drs Dasril Panin Datuk Labuan meninggalkan seorang istri Andi Megawarni dan seorang anak perempuan bernama Andi Dagmarbumi Batarisuri. (ita)