Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dinas Luar Daerah Dibatalkan

11
Ilustrasi Covid-19. (Foto: IST)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya untuk sementara menunda kunjungan kerja atau dinas luar pejabat hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Hal tersebut untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Demikian disampaikan Sekretaris Kabupaten Dharmasraya, Adlisman. Penundaan tersebut merupakan instruksi langsung dari Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

“Agenda saya sebagai sekretaris daerah dalam bulan Maret, salah satu kegiatan yang sudah dibatalkan adalah Forum Pertemuan Sekretaris Daerah seluruh Indonesia di Batam Rabu hingga Jumat (18-20/3). Disamping itu juga ada beberapa pertemuan pejabat lainnya yang dibatalkan bukan dari kitanya saja, tapi karena panitia pelaksana yang telah membatalkan sejumlah pertemuan,” ungkap Adlisman.

Menurur Adlisman, pemerintah setempat terus melakukan langkah-langkah preventif dalam menyikapi virus korona. Salah satunya dengan menyediakan ruang isolasi transit di RSUD Sungaidareh. Disamping itu juga telah melakukan pembinaan terhadap pemilik hotel, SPBU, rumah makan, dan pengurus masjid yang berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera. “Kita sudah menyemprot cairan disinfektan pada fasilitas umum dan tempat pelayanan publik. Disamping itu kita juga menunda beberapa agenda dengan kegiatan mengumpulkan orang banyak atau memobilisasi massa. Kalau memang tidak memungkinkan untuk ditunda, kita tetap laksanakan sesuai standar dengan memperhatikan jumlah peserta,” ulasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Ramadian menghimbau kepada masyarakat luas agar selalu menerapkan pola hidup sehat dan bijak dalam menanggapi isu yang beredar di masyarakat. “Selain itu masyarakat juga dapat melakukan penyemprotan secara mandiri menggunakan antiseptik yg mudah diperoleh seperti cairan pel, clori atau pemutih yang diencerkan. Jadi tidak harus juga menggunakan cairan disinfektan,” pungkasnya. (ita)