Bupati: Data Penduduk jadi Dasar Perencanaan

12
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk yang digelar Badan Pusat Statistik Dharmasraya di Aula Kampus III Unand, Kamis (13/2/2020). (Foto: IST)

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk yang digelar Badan Pusat Statistik Dharmasraya di Aula Kampus III Unand, Kamis (13/2/2020).

Turut pula hadir pada kesempatan itu Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan para Kepala Perangkat Daerah.

Menurut Sutan Riska, sensus Penduduk 2020 demi menghasilkan Satu Data Kependudukan untuk Indonesia Maju. Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Oleh karena itu, sebut Bupati, sangatlah penting untuk dapat memiliki data kependudukan yang akurat.

“Lebih jauh lagi, sangat penting juga untuk memiliki satu sumber data kependudukan, sehingga kita dapat lebih kuat pijakannya dalam merencanakan sesuatu program dan kebijakan,” ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas inovasi yang dilakukan BPS Dharmasraya dalam melaksanakan Sensus Penduduk 2020. Dimana, BPS menjadikan data aminduk sebagai data dasar pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Kemudian, BPS juga melakukan Sensus Penduduk secara online agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam Sensus Penduduk.

“Menurut saya, ini juga adalah bentuk edukasi kepada masyarakat untuk mulai sadar atas pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Dengan demikian manfaat data kependudukan hasil Sensus Penduduk 2020 akan semakin luas,” pungkas Sutan Riska. (ita)