Pusat Kucurkan Rp 150 M Bangun PLTMH di Dharmasraya

Bupati Sutan Riska bersama BWS Sumatera V dan pihak ketiga melakukan survei rencana pembangunan PLTMH. (IST)

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, terus berupaya menggaet dana pusat untuk pembangunan Kabupaten Dharmasraya.

Jumat (14/08/2020), Sutan Riska didampingi Kepala BWS Sumatera V, Nasrun Effendi dan pihak ketiga (kontraktor) meninjau lokasi rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang rencanakan akan dimulai pembangunannya tahun ini.

“Pihak ketiga yang dalam ini penanggung jawab pembangunan tengah melakukan survei, untuk melihat langsung rencana pembangunan PLTMH,” jelas Sutan Riska.

Sutan Riska mengaku, akan mendukung penuh pembangunan PLTMH tersebut di Dharmasraya. Dengan adanya PLTMH nanti akan membantu pemerintah daerah dalam penyediaan pasokan tenaga listrik bagi masyarakat. Sementara daerah akan mendapatkan PAD dari kehadiran PLTMH tersebut.

“Insya Allah tahun ini segera dibangun. Dari informasi pihak ketiga, dana yang akan dikucurkan dari pusat untuk pembangunan PLTMH ini sebesar Rp 150 miliar,” sebut Sutan Riska.

Ke depan, ungkap Bupati, setelah pembangunan PLTMH ini terwujud, di kawasan itu bakal dibangun beberapa spot untuk wisata termasuk sarana dan prasarana olahraga dan tempat santai bagi masyarakat Dharmasraya melalui dana CSR pengelolaan PLTMH ini. “Kita sangat mendukung pembangunan ini untuk memajukan Dharmasraya,” ujarnya.

Baca Juga:  Tokoh Masyarakat Koto Baru: Sutan Riska Sudah Berbuat untuk Daerah

Terpisah pelaksana pembangunan, Boby saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan survei lapangan dan akan segera menandatangani kontrak. “Saat ini kita masih survei lapangan, dana yang dikucurkan dari Kementerian PU untuk pembangunan PLTMH ini sebesar Rp 150 M,” sebutnya. (*/bis)