Pakai Dana Pusat, 19 Pasar di Dharmasraya Sudah Direvitalisasi

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama warga Sungai Duo Kecamatan Sitiung mengucapkan rasa syukurnya kepada Pemkab Dharmasraya dibawah kepimpinanan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Menurut Pariyanto revitalisasi pasar sangat penting dilakukan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat terutama saat bertransaksi. “Dengan adanya revitalisasi pasar tersebut sekaligus mengubah image akan kondisi pasar tradisional yang kumuh dan jauh dari kesan yang tertib dan rapi. Dan kita bisa saksikan sendiri dengan sudah direvitalisasinya pasar Sungai Duo dengan membangun puluhan petak kios yang permanen, membuat wajah Pasar Sungai Duo, semakin rapi. Kita apresiasi Pemkab Dharmasraya yang berhasil menggaet dana Pusat untuk merevitalisasi pasar tersebut,” ungkap kader PDIP ini.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjelaskan sejak tahun 2016 hingga 2020 Pemkab Dharmasraya sudah melakukan revitalisasi 19 pasar rakyat. Hal ini untuk menunjang perekonomian masyarakat menjadi lebih baik lagi. “Revitalisasi yang telah Pemkab lakukan sejak 2016 sudah 19 pasar rakyat, dari 37 pasar yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Dharmasraya,” jelas Bupati.

Baca Juga:  Zulfikar: Sudah Ada RSUD Sungai Dareh, jadi Tak Perlu ke Padang lagi

Revitalisasi pasar yang dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya katanya, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan tugas pembantuan Kementerian Perdagangan sebesar Rp 17,5 miliar dan APBD Dharmasraya sebesar Rp 2,1 miliar. Untuk pembangunan 20 kios di Pasar Koto Agung menelan anggaran Rp 12 miliar yang bersumber dari DAK.

“Saya berharap masyarakat dapat memelihara dan menjaga pasar dengan baik. Jangan sampai pasar ini mengalami kerusakan oleh tangan tangan yang tidak bertanggung-jawab,” tegasnya.

Wali Nagari Sungai Duo, Ali Amran mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua DPRD Pariyanto dan Pemkab Dharmasraya yang telah mewujudkan harapan masyarakat. “Kami sangat bersyukur sekali atas pembangunan di Pasar Sungai Duo ini. Berkat perjuangan Bupati di pusat, pasar ini dibangun dengan layak. Hal ini sangat membantu perkembangan perekonomian masyarakat Sungai Duo,” ungkapnya. (ita)