Pencurian Baterai Tower, Satu Ditangkap, 5 Berhasil Kabur

Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)

Jajaran Polres Dharmasraya mengamankan HI,33,warga Nagari Kotobaru, Kecamatan Kotobaru. HI diduga satu dari enam orang pelaku pencurian baterai tower Telkomsel. Kini pelaku yang sudah ditetaapkan sebagai tersangka tersebut diamankan di Polres Dharmasraya untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sementara lima orang pelaku lainnya yang berhasil kabur, masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Pelaku sempat babak belur dihajar massa yang memergoki aksi pelaku saat beraksi.

Hal itu diungkapkan Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Feriansyah didampingi Kasat Reskrim AKP Suyanto, Kapolsek Sei Rumbai AKP Jefri Afridan dan Kanit Reskrim Ipda Welly Wahyudi. Kasus tersebut berdasarkan LP/ 26 /K/V/2020/Polsek.

Pencurian baterai tower Telkomsel yang dilaporkan Sabtu (16/5) ke Polsek Sei Rumbai sekitar pukul 03.00 oleh Nasril ,34, penjaga tower Telkomsel warga Nagari Kotosalak, dengan terlapor HI, 33. Menurut terlapor Sabtu (16/5) sekitar pukul 01.00 pelapor mendapat alarm stolen dari Telkomsel. Pelapor langsung mengecek ke lokasi tower di Jorong IV Blok A, Nagari Kurnia. Sesampai di lokasi dilihat seseorang sedang mengangkat baterai.

Melihat hal tersebut pelapor meminta bantuan kepada warga disekitar tower untuk menangkap pelaku. Melihat warga datang, pelaku membuang baterai tersebut dan melarikan diri. Namun warga berusaha mencari HI dan menemukan HI sedang bersembunyi di semak-semak belakang tower. Selanjutnya warga memebawa HI ke Polsek Sungai Rumbai.

Menurutnya, berdasarkan pengakuan tersangka aksi kriminal tersebut dilaku kan bersama rekan lima orang rekan yang lain. Yang merupakan warga Kecamatan Kotobaru, masing-masing AB, 37, MP,31 dan JM,33. Ada juga NN,24, dan DI,37.

Sementara lokasi baterai Telkomsel yang diambil pelaku adalah di Blok A Sitiung Tiga Sungai Rumbai. Lalu di Sungai Rumbai Timur Sesuai dengan Lp. / 21/ IV /2020/ Polsek Sungai Rumbai tanggal 27 April. Selanjutnya di Kotopadang, Kecamatan Kotobaru.
Lalu di Simpang Ampalu, Simpang Tiga Kotobaru, Sungai Betung, Ajo Manengang Sitiung, Lawai Sitiung dan satu lagi TKP di Provinsi Jambi.

”Artinya kawanan tersebut merupakan pelaku curat antar provinsi. Pelaku terancam pasal 363 dengan ancaman penjara di atas lima tahun, dengan barang bukti 10 unit baterai tower Telkomsel,” tegasnya. (ita)