Humas Setda Kabupaten Dharmasraya Gelar Pelatihan Jurnalistik

14
Pelatihan jurnalistik digelar Humas Setda Kabupaten Dharmasraya. (Foto: IST)

Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya menggelar pelatihan jurnalistik bagi pegawai di lingkup Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Dharmasraya, di Hotel HW Padang, Kamis (20/2/2020). Acara pelatihan yang diikuti 35 peserta itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman.

Terlihat hadir pada acara tersebut Asisten Administrasi Umum, Martoni dan segenap jajaran Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya.

Dalam kegiatan tersebut Sekda memberikan apresiasi kepada Bagian Humas dibawah komando Endang Purwaningsih yang sudah menggagas acara pelatihan ini. Menurutnya, di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, kemampuan untuk mengerti dan memahami kaidah-kaidah dalam jurnalistik memang sangat diperlukan.

Untuk itu, Sekda menghimbau segenap peserta pelatihan jurnalistik ini agar dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, agar nantinya peran dan fungsi masing-masing peserta pada bagian di Sekretariat Daerah dan DPRD Dharmasraya berjalan dengan lebih baik.

“Setelah ikut pelatihan, ada ilmu yang terserap dan bermanfaat hendaknya, tidak hanya bagi pribadi, tetapi juga bagi lingkungan kerja saudara. Terutama dalam menyalurkan informasi lewat tulisan-tulisan yang memenuhi kaidah jurnalistik. Apalagi narasumber yang memberikan materi pada pelatihan ini adalah orang media yang cukup berpengalaman, jadi sayang sekali jika tidak diambil ilmunya,” pungkas Sekda.

Sementara itu, Endang Purwaningsih, selaku Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya memaparkan, maksud dari pelatihan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan pemahaman tentang jurnalistik kepada pegawai di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya dalam menghadapi tugas-tugas kehumasan. Kemudian bertujuan juga untuk mendapatkan SDM yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam menyajikan setiap informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat di era digital.

“Materi yang diberikan diantaranya membuat release yang bisa diterima media, kemudian memanfatkan media untuk publikasi. Kami menghadirkan narasumber dari media diantaranya dari Padang Ekspres yakni Sukri Umar serta juga ada dari pemerintahan,” urai Endang. (ita)