Ketua DPRD Dharmasraya Hadiri Expo Apkasi, Perkuat Pasar Dalam Negeri

14

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto menghadiri pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu, (20/10) yang dibuka Presiden Joko Widodo. Expo yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini dinilai menjadi salah satu cara dalam menggerakkan perekonomian daerah di tengah pandemi Covid-19.

“Kita sangat apresiasi kegiatan tersebut sekaligus merasa bangga karena Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga dipercaya sebagai Ketua Umum Apkasi, turut memberikan sambutan di ajang yang sangat bergengsi tersebut, mudah-mudahan ke depan, Dharmasraya akan semakin berkembang, maju dan masyarakatnya makin sejahtera,” harap Pariyanto.

Menurutnya sebagai Ketum Apkasi, tentu banyak hal positif bagi perkembangan Dharmasraya. Terutama dari sisi program dan perbatian Pemerintahan Pusat. Tidak bisa kita pungkiri, selama ini perhatian Pemerintah Pusat kepada Dharmasraya cukup besar dan kita sangat apresiasi hal tersebut.

Sementara itu Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, Apkasi hendak berperan bersama pemerintah dalam berjuang membangkitkan ekonomi nasional pada masa sulit ini. Salah satunya melalui expo ini.

Baca Juga:  Apkasi Sepakat Usulkan Penundaan Penghapusan Tenaga Honorer

Kata Sutan, expo tahun ini menawarkan peluang investasi terkait berbagai produk-produk daerah yang potensial untuk dikembangkan dan diperdagangkan, yaitu berupa pengolahan pakan ternak, produksi ikan tangkap dan budidaya perikanan, pembangkit listrik tenaga mikrohidro, pengembangan objek wisata, agrowisata dan pembangunan hotel dan resort, serta Industri hilir kelapa sawit dan karet.

“Produk-produk daerah hendak diperdagangkan lebih luas melalui pemanfaatan teknologi informasi berupa aplikasi (start-up) yang memudahkan proses pemasaran produk dagang tersebut,” ujar Bupati Dharmasraya itu.

Sutan menyebutkan, dengan teknologi informasi itu diharapkan daya jual-beli meningkat, tanpa harus bertatap muka. Sehingga perdagangan ekonomi tetap dapat membaik dan upaya pencegahan Covid-19 tetap terus dapat dijaga.

Expo ini diharapkan menjadi cikal-bakal tabiat perdagangan baru pada masa pandemik dan masa mendatang. Itu sebabnya antusias peserta diharapkan menciptakan gairah baru pasar ekonomi daerah dan nasional meski pandemik masih melanda. (ita)