Ketua DPRD Dharmasraya Dukung Pelaksanaan Bulan Reformasi Birokrasi

22
Pelaksanaan Rakor Pengelolaan Keuangan di Kabupaten Dharmasraya, Selasa (22/09/2020). (IST)

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto menyambut baik rencana Pemkab Dharmasraya menggelar Bulan Reformasi Birokrasi. Politisi PDIP itu malah mengharapkan agar ke depan hasil reformasi birokrasi menjadi dasar pembayaran tunjangan daerah.

Ditemui di sela-sela Rakor Pengelolaan Keuangan, Selasa (22/09/2020) Paryanto menegaskan, untuk meningkatkan pelayanan publik sebagaimana diinstruksikan Presiden Jokowi, Pemkab memang harus membenahi birokrasi yang selama ini menjadi sekat dalam peningkatan pelayanan publik. “Saya dan Pak Bupati Sutan Riska sudah lama minta, agar reformasi birokrasi ini dijalankan di semua perangkat daerah,” imbuh sosok yang sudah tiga periode jadi wakil rakyat ini.

Sekadar diketahui, Pemkab Dharmasraya akan menggelar Bulan Reformasi birokrasi sepanjang Oktober 2020 mendatang. Selama sebulan penuh, pemkab akan melaksanakan evaluasi reformasi birokrasi dan akan memberikan penghargaan bagi perangkat daerah yang benar-benar telah mengimplementasikan reformasi birokrasi dengan tulus dan ikhlas di instansinya masing masing. Semua perangkat daerah diminta agar mengikuti kompetisi tersebut, supaya bisa diukur sejauh mana reformasi birokrasi itu bisa dilaksanakan.

Baca Juga:  Sutan Riska: Tahun Depan Pembangunan di Koto Besar Diprioritaskan

Sementara itu, Kabag Organisasi Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo mengatakan, untuk mengetahui seberapa besar indeks reformasi birokrasi di Kabupaten Dharmasraya, maka semua perangkat daerah wajib ikut kompetisi pelaksanaan reformasi birokrasi.

Kegiatan reformasi birokrasi yang akan dilaksanakan sepanjang bulan Oktober itu, lanjut Budi Waluyo, adalah lomba implementasi Sakip (sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah), lomba pelayanan publik dan lomba inovasi daerah. “Buat yang pertama kali, cukup tiga lomba ini saja yang kita gelar. Itu sudah mewakili pelaksanaan reformasi birokrasi di Kabupaten Dharmasraya,” jelas Budi Waluyo. (ita)