Antisipasi Kelangkaan Masker, Pemkab Dharmasraya Produksi Masker

7
Ilustrasi. (Foto: IST)

Untuk mengantisipasi kelangkaan masker, Pemerintah kabupaten Dharmasraya berencana memproduksi sendiri masker tersebut, Selasa (24/4) sebanyak 100 ribu yang nantinya akan didistribusikan kepada dinas terkait secara gratis guna dibagikan lagi kepada masyarakat .

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Dharmasraya, Marten Yunus.

Ia menjelaskan, untuk produksi masker itu, akan bekerjasama dengan BLK Padang, Riau dan Jambi. “Untuk BLK Sei Dareh kita dibantu dengan bahan baku yang didanai BLK Padang,” ungkapnya.

Untuk distribusi masker ini nanti katanya, akan diserahkan kepada OPD terkait dalam hal ini adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan.

“Disnaker hanya dalam kapasitas memproduksi saja. Masker tersebut akan dibagikan secara gratis,” jelasnya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku kerajaan, menegaskan, dengan diproduksinya masker oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut, diharapkan persoalan kelangkaan stok masker bisa ditanggulangi. “Apalagi jumlah yang akan diproduksi cukup banyak yakni 100 ribu. Namun kita minta kepada Disnaker agar mempercepat waktu produksi tersebut. Jika Kadis Naker memperkirakan bisa selesai dalam waktu 10 hari, maka kita berharap bisa selesai dalam waktu lima hari,” paparnya.

Ia meminta, masyarakat peduli dan saling mendukung upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya dengan mematuhi setiap imbauan pemerintah. “Bagi yang ada keluhan demam, batuk atau gejala-gejala lain yang mengarah pada Covid-19, segera melapor dan memeriksakan diri ke petugas kesehatan,” imbau Bupati. (ita)