Jalani Rapid Test, Satu Ibu Hamil di Dharmasraya Positif

Ilustrasi spesimen positif rapid test. (Foto: IST)

Seorang wanita hamil positif terpapar Covid-19 berdasarkan rapid test yang dilakukan pada Jumat (24/4/2020).

Warga berinisial H dan berusia 34 tahun ini berasal dari Kecamataan Sei Rumbai, Kabupaten Dharmasraya. Namun untuk hasil akurat Covid-19, menunggu tes swab di laboratorium.

“H merupakan salah seorang keluarga dari pasien yang sudah duluan positif dari hasil rapid test,” ungkap Jubir Penanganan Covid-19 Pemkab Dharmasraya Rahmadian.

Di samping itu, kata Rahmadian, terdapat empat orang pasien lainnya juga positif rapid test berjenis kelamin laki-laki dari Kecamatan Kotobesar. Mereka adalah Y,70, N,32, M,50, dan H,59.

“Kelima pasien tersebut kondisinya baik, termasuk yang sedang hamil. Mereka isolasi mandiri” tegas Rahmadian.

Sebetulnya, pihaknya menargetkan warga yang ikut rapid test Jumat (24/4) ini sebanyak 18 orang dari sejumlah kecamatan. Namun yang datang hanya delapan orang dan lima orang di antaranmya positif.

“Kita tidak tahu kenapa mereka tidak datang. Kendati demikian kita sudah koordinasi dan minta kawan-kawan di gugus tugas kecamatan dan satgas nagari untuk mendatangi masing-masing rumah agar mau datang Sabtu (25/4) besok,” katanya.

Selain rapid test, pada Jumat (24/4) pihaknya juga melakukan tes swab 18 orang pasien. Swab pertama delapan orang dan swab kedua 10 orang. Total hingga hari ini 38 orang, dengan rincian dua positif, negatif delapan orang dan sedang menunggu hasil 28 orang.(ita)