Tak Hanya Cabai Merah, Cabai Hijau Naik Dua Kali Lipat!!

7
Ilustrasi.(NET)

Sempat turun di level Rp 90 ribu per kilogram dua hari yang lalu, kini harga cabai merah keriting kembali naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram Kamis (23/6) di Pasar Tradisional Pulaupunjung.

Hal ini disampaikan pedagang cabai merah Anrizal, 51. Tidak saja cabai merah yang mengalami kenaikan, cabai hijau juga ikut naik, biasanya hanya Rp 24 ribu per kilogram naik jadi Rp 48 ribu per kilogram. Begitupun dengan cabai rawit yang semula Rp 40 ribu per kilogram naik jadi Rp 60 ribu per kilogram.

Kenaikan yang sama juga terjadi pada bawang merah kualitas bagus dari Rp 40 ribu naik jadi Rp 60 ribu per kilogram. Tomat dari Rp 4 ribu per kilogram naik jadi Rp 14 ribu per kilogram. Kenaikan yang paling signifikan juga terjadi pada terung dari Rp 4 ribu pe rkilogram menjadi Rp 12 ribu per kilogram.

“Kita sama-sama berharap agar harga kebutuhan tersebut segera turun, karena hal itu sangat berpengaruh kepada transaksi jual beli. Terjadi penurunan omzet hingga 50 persen. Kita juga tidak berani menyetok cabai atau bawang itu dalam jumlah banyak. Takut nanti harga turun seketika. Sementara kita sudah stok banyak dengan harga yang mahal. Nah, jika harga turun seketika, tentu kita rugi, karena kita akan jual dengan harga yang ada saat itu,” ucapnya.

Baca Juga:  Harga Cabai, Bawang dan Tomat Terus Naik, Dinas Koperindag Bertindak!

Menurut Anrizal, sepertinya harga cabai belum akan turun secara signifikan, karena sebentar lagi akan Idul Adha. Biasanya pada saat-saat itu harga cabai merah, cabai giling, bawang dan lainnya akan naik. Sekarang saja harga cabai susah naik, tentu nanti harga cabai akan semakin naik juga.

Naiknya harga sejumlah kebutuhan tersebut tak urung membuat ibu-ibu jadi tapakiak.  Lisna, 45, menjelaskan dari hari ke hari harga cabai merah terus naik. Dari Rp 30 ribu per kilogram kini naik jadi Rp 100 ribu per kilogram.

“Kalau sudah begini kita jadi pusing  sendiri mengatur keuangan. Tidak saja harga cabai saja yang naik, tapi juga harga bawang, cabai rawit, tomat dan lainnya. Bayangkan saja bisanya dengan uang Rp 25 ribu kita dapat satu kilogram cabai merah,” katanya.

Belum lagi harga bawang yang juga meroket, biasanya kualitas bagus hanya Rp 25 ribu per kilogram, kini naik drastis jadi Rp 60 ribu per kilogram.

Keluhan yang sama di sampaikan Welly, 31,akibat naiknya harga cabai merah yang merupakan kebutuhan utama dalam memasak, membuat dirinya pusing dalam mengatur keuangan untuk belanja. (ita)