Dharmasraya Dapat Jatah Tambah Tanam Padi 16.255 Ha

18
Bupati Dharmasraya melakukan penanaman padi yang disebut LTT.

Tahun ini Dharmasraya diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan penanaman padi yang disebut Laporan Tambah Tanam (LTT). Luas lahan yang akan ditanami mencapai 16.255 hektare, dengan indeks pertanaman sebesar 248 hektare.

“Untuk itu diperlukan sinergi antara petani dan penyuluh pertanian di lapangan, supaya kebutuhan beras masyarakat tercapai dan selalu melebihi setiap tahunnya,” ujar Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya, Darisman saat mendampingi Bupati Dharmasraya Sutan Riska dan Ketua DPRD Paryanto, melakukan tanam padi perdana di hamparan sawah Gapoktan Bina Tani, Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Selasa (23/6/2020).

Untuk mendukung produksi pertanian, terutama padi sawah ini, sebut Darisman, pemerintah telah memberikan bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor, alat tanam, rice transplanter, combine, thresher dan lainnya sesuai permintaan dan kebutuahan petani.

Diperkirakan ada sekitar 80 hektare lahan sawah yang akan ditanami Gapoktan Bina Tani, pada musim tanam kali ini. Bupati berharap seluruh petani Dharmasraya termotivasi juga untuk melakukan percepatan tanam padi di lahan masing-masing.

“Percepatan penanaman padi di masa pandemi ini dapat memberikan peluang untuk meningkatkan produksi dan produktifitas mutu hasil terutama padi sawah,” kata Sutan Riska. (ita)