Andre Rosiade: Gerindra Dharmasraya Sepakat Ganti Bupati 2020

Rapat pengurus DPC, PAC, ranting dan kader, Sabtu (25/7/2020) di Kantor DPC Partai Gerindra Dharmasraya.

DPC Partai Gerindra Kabupaten Dharmasraya sepertinya menjadi lawan tanding bagi Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam Pilkada Desember 2020 ini. Hal itu tertuang dalam rapat pengurus DPC, PAC, ranting dan kader-kader pada Sabtu (25/7/2020) di Kantor DPC Partai Gerindra Dharmasraya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade. Anggota DPR RI itu didampingi Ketua DPC Syofyan Hory, Sekretaris DPC, pengurus DPC dan tiga orang anggota DPRD Dharmasraya, Rosandi Sanjaya, Aandri Saputra dan Alisa Septiani, menyebutkan telah mendapatkan sebuah keputusan.

“Ternyata setelah menyerap aspirasi Partai Gerindra Dharmasraya dan Fraksi Gerindra DPRD Dharmasraya dan juga usulan masyarakat yang diterima, dengan ini Partai Gerindra di Dharmasraya mendukung #2020, Ganti Bupati!” tegas Andre didampingi semua peserta rapat yang direkam dalam sebuah momen video yang telah beredar luas di Dharmasraya.

Andre memohon doa dan dukungannya semua pihak di Dharmasraya menyambut era baru, pemimpin baru. “Insya Allah, Dharmasraya akan lebih baik, lebih maju dan sejahtera ke depannya,” katanya.

Usai rapat tersebut, Andre Rosiade langsung bertemu dengan salah satu kandidat Bupati Dharmasraya Amrizal Rajo Medan (RJM) yang disebut-sebut telah mengantongi tiket dari Partai Golkar dan sejumlah partai lainnya. Andre dan RJM, berbincang cukup lama di sebuah rumah makan dekat perbatasan Dharmasraya-Sijunjung.

“Kami telah mendapatkan kesimpulan dari semua kader Gerindra Dharmasraya, akan menjadi lawan tanding dari Bupati saat ini yang diusung oleh PDI Perjuangan. Tentu dengan tiga kursi, Gerindra belum bisa mencalonkan pasangan sendiri. Masih butuh tambahan tiga kursi lagi untuk mencukupkan syarat. Jadi ada kemungkinan koalisi dengan Golkar (lima kursi) dan Berkarya (dua kursi),” kata Andre yang sebelumnya berkeliling Dharmasraya menyaring aspirasi dan berdialog dengan warga.

Disinggung mengenai siap kandidat yang akan diusung dari Gerindra, Andre menyebut ada sejumlah nama. Seperti Ketua DPC Syofyan Hory, Anggota DPRD Dharmasraya Rosandi Sanjaya, dan juga H Herman. “Untuk calon Bupati, kemungkinan mengerucut kepada Amrizal Datuk Rajo Medan, untuk wakilnya dari Gerindra,” katanya.

Sebenarnya, isu “2020 Ganti Bupati” bukanlah hal baru bagi Gerindra dan Andre Rosiade. Pasalnya, sepanjang kampanye Pileg 2019 lalu, Andre kerap menggaungkan slogan ini. “Bedanya, kalau kemarin masih malu-malu, sekarang sudah terang-terangan para kader Gerindra. Mereka begitu berani menentukan sikap,” kata Andre.

Sebelum rapat di DPC Gerindra, Andre bersilaturahmi dan berdialog dengan pengurus serta jamaah masjid Nurul Ikhlas di Simpang Tiga, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru. Di sana, Andre secara simbolis menyerahkan bantuan PKBL (program kemitraan bina lingkungan) untuk membantu pembangunan masjid senilai Rp100 juta.

Tak jauh dari lokasi itu, Andre juga menyerahkan dana PKBL Rp50 juta Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP) 02 Dharmasraya. “Kami datang untuk menunaikan amanah warga dan menyerahkan bantuan pembangunan masjid ini. Kami juga menyerap aspirasi warga dan insya Allah akan segera mengeksekusinya,” katanya. (*/hsn)