Cegah Gangguan Kamtibmas dan Covid-19, Periksa Kendaraan Masuk Sumbar

Untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur natal dan tahun baru, personel Polres Dharmasraya berjaga di perbatasan Sumbar-Jambi dalam gelaran Operasi Lilin Singgalang 2020.

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah mengatakan pihaknya menempatkan personel di Pos Pengamanan yang berada di gerbang Provinsi Sumatera Barat yang berbatasan dengan Provinsi Jambi guna mengamankan pergantian tahun serta mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kapolres menyampaikan bahwa, personel yang ditugaskan di perbatasan provinsi melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang masuk ke Sumbar.

“Hal ini guna mengantisipasi ancaman kamtibmas serta untuk mengingatkan masyarakat terus menerapkan protokol jesehatan,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan dari personel yang bertugas di lapangan, kata Aditya idak ada lonjakan arus yang signifikan yang masuk ke Provinsi Sumbar jelang akhir tahun ini.

AKBP Aditya juga menyampaikan bahwa bahwa sesuai Maklumat Kapolri Nomor Mak/ 4 /XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, tertanggal 23 Desember 2020 seluruh masyarakat tidak diperkenankan merayakan pergantian tahun dengan melakukan kerumunan, konvoi, pawai dan sejenisnya.

Baca Juga:  Pemkab Mentawai Tetap Terapkan Kebijakan Tes Swab Pelaku Perjalanan

Selain itu, tidak boleh menyelenggarakan kegiatan yang mengundang orang banyak di tempat umum berupa perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah.

“Berdasarkan Maklumat Kapolri, kami beritahukan kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan yang mengundang orang banyak ditempat umum serta tidak merayakan pergantian tahun dengan mengadakan kerumunan, konvoi, pesta kembang api,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolres mengajak masyarakat di wilayah hukumnya memanfaatkan waktu di saat malam pergantian tahun dengan hal-hal yang baik.

“Mari kita laksanakan malam pergantian tahun dengan kegiatan yang positif dengan tetap berada di rumah dan tidak melanggar ketertiban serta protokol kesehatan,” pungkasnya.(rel)