Bansos Tunai APBD dan Kemensos Mulai Disalurkan di Dharmasraya

32

Bantuan sosial tunai (BST) dari APBD Kabupaten dan Kementerian Sosial RI untuk wilayah Dharmasraya mulai disalurkan.

Sebagai tanda telah dimulainya penyaluran BST, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Bupati Amrizal Dt. Rajo Medan telah menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (27/5/2020).

Penyerahan bantuan disaksikan oleh Ketua DPRD Pariyanto, Kapolres AKBP Aditya Galayudha Feriansyah dan lainnya.

Bupati memaparkan, untuk BST kabupaten, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui APBD telah mengalokasikan dana untuk 15.141 KK.

Penyalurannya dilakukan melalui kerja sama Bank Nagari. “Untuk BST kabupaten ini, tahap pertama masyarakat diberikan bantuan senilai Rp 600 per KK. Sedangkan tahap berikutnya, nominal bantuan disesuaikan kemampuan APBD kabupaten,” terangnya.

Sementara untuk BST dari Kemensos RI, kata Sutan, Dharmasraya mendapatkan kuota 10.803 KK, dengan nilai bantuan Rp 600 ribu per KK selama tiga bulan berturut-turut. Penyalurannya dilakukan melalui PT. Pos.

Bupati berharap, BST yang diberikan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

“Syukuri apa yang menjadi hak bapak dan ibu. Gunakanlah bantuan ini dengan bijak, benar-benar untuk menunjang kehidupan di masa pandemi. Dan jangan euforia berlebihan, karena di sisi lain masih ada masyarakat yang tidak mendapat bantuan,” harapnya.(esg)