Hidup Rukun dan Damai, Pariyanto Apresiasi Kemajemukan yang Ada

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bertemu ramah dengan pelaku Sanggar Seni Pakarti Laras. (IST)

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto menyempatkan waktunya untuk bertemu ramah dengan pelaku Sanggar Seni Pakarti Laras, Jorong Lagam Jaya II, Nagari Sepangkur, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya.

Ini dilakukan untuk menjemput aspirasi masyarakat khususnya para pelaku seni yang tergabung di dalam Sanggar Seni Gamelan di SP I yang sangat populer di kecamatan Tiumang.

Kader PDI Perjuangan ini sangat mengapresiasi kemajemukan budaya yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Kabupaten pemekaran ini, sangat pantas dijuluki sebagai kabupaten yang heterogen karena di sini berdiam dan hidup secara rukun masyarakat yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda.

“Masyarakat heterogen itu terdiri dari beberapa suku, kultur sosial budaya, dan agama. Akan tetapi kita tetap satu dengan kesatuan NKRI,” ungkap Pariyanto.

Ia menjelaskan, kesenian gamelan ini adalah kesenian khas budaya yang turun temurun sehingga harus dilestarikan. “Gamelan adalah kesenian kerawitan disamping Reog yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Dengan kesungguhannya mencintai seni budaya sekaligus merupakan upaya dalam pelestarian budaya supaya dapat dikembangkan ke generasi berikutnya. Kepada anggota Sanggar Pakarti Laras agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” papar Pariyanto. (ita)