Tausiah di Spenggura, Danramil Sampaikan soal Wawasan Kebangsaan

97

Ada yang menarik dari pelaksanaan Pesantren Ramadhan di SMP Unggul Dharmasraya (Spenggura) pada Rabu (28/04/2021).

Kali ini tauziah disampaikan langsung Danramil 03 Pulaupunjung, Mayor Caj (K) Tuti Andayani.

Yang lebih menariknya lagi, Mayor Tuti tidak hanya sekadar memberikan tausiah tapi juga memberikan pengetahuan atau wawasan kebangsaan kepada para siswa melalui pemutaran film dokumenter tentang PDRI di Sumatera Barat.

Mayor Tuti mengajak para siswa selalu menjadi orang yang bersyukur. “Apapun itu yang kita hadapi, harus selalu ikhlas. Berfikir positif terhadap siapapun dan apapun, serta selalu berbuat baik sekecil apapun dan kepada siapapun. Karena masih suasana pandemi, mari bersama-sama kita patuhi protokol kesehatan, karena itu demi kepentingan kita bersama,” ingat Danramil.

Sementara itu, Kepala Spenggura, Afrizal Bakri, mengatakan, kegiatan Pesantren Ramadhan dilaksanakan setiap tahun. Nah, karena masih dalam situasi pendemi, kegiatan kali ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Siswa yang mengikuti Pesantren Ramadhan dibatasi jumlahnya. Kegiatan Pesantren Ramadan tidak semata-mata diisi kegiatan keagamaan, tapi juga ditambah dengan mendatangkan narasumber dari instansi lain seperti TNI dan Polri. Tujuannya, untuk memantapkan wawasan kebangsaan siswa sehingga diharapkan makin meningkatkan rasa nasionalisme anak didik sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga:  Gelar Bukber, Warga Komplek Villa Tama Perdana Santuni Anak Yatim

“Sehingga akan bermunculan generasi-generasi penerus yang agamis, punya rasa kebangsaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara dan memiliki kapabilitas yang teruji,” ungkap Afrizal.

Selama Pesantren Ramadhan katanya, para siswa diwajibkan membaca Alquran dan menyetor setiap hari hafalan ayat sesuai kemampuan siswa masing-masing.

Siswa katanya lagi, dibagi per kelompok dan diawasi oleh guru agar pengawasan yang dilakukan lebih mudah. (ita)

Previous articlePLN UPK Teluk Sirih Pastikan Supply Listrik Terpenuhi jelang Lebaran
Next articleKembangkan Dendeng Salai dan Revitalisasi Pasar Tanjung Barulak