Razia Pekat, Sejoli Diamankan di Hotel

24
BASMI PEKAT: Tim gabungan melakukan penyisiran di sejumlah lokasi di Kecamatan Pulaupunjung, Dharmasraya. Razia memberantas pekat menyambut Ramadhan.(IST)

Jelang Ramadhan yang tinggal hitungan hari, tim gabungan terdiri dari Polres Dharmasraya, Pol PP, dan lainnya gelar penertiban penyakit masyarakat (pekat) di Kecamatan Pulaupunjung, Dharmasraya.

Sasaran razia seperti hotel, tempat kos-kosan, kafe ilegal dan bentuk pelanggaran lainnya. Dari penertiban tersebut tim berhasil mengamankan sepasang muda-mudi yang berada dalam kamar tanpa dilengkapi surat nikah.

Razia yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Dharmasraya Kompol Nasrul Efendi itu berjalan aman dan lancar. Menurutnya, tempat pertama yang didatangi adalah kafe tempat karaoke ilegal. Sayangnya sesampai di lokasi, tempat tersebut sudah kosong. Diduga razia bocor.

Selanjutnya tim mengarahkan razia ke rumah kos guna memantau dugaan adanya pasangan ilegal yang tinggal serumah. Namun tidak ditemukan ada pasangan ilegal di rumah kos-kosan tersebut.

Kemudian tim menyasar salah satu hotel. Setelah dilakukan penggeledahan terhadap sejumlah kamar hotel, tim menemukan satu pasangan di dalam kamar tanpa dilengkapi legalitas yang sah, yakni surat nikah.

“Penertiban penyakit masyarakat tersebut kita lakukan dalam upaya menyambut bulan suci Ramadhan. Kita tidak ingin kesucian ibadah bulan suci dinodai oleh kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan norma agama dan norma adat. Kita ingin bagaimana umat muslim bisa menjalankan kegiatan shalat Tarawih dan puasa berjalan dengan aman dan nyaman dan suasana tetap kondisif. Kita juga tidak ingin nanti terjadi gesekan, akibat kegiatan ilegal tersebut,” tuturnya.

Baca Juga:  Pengurus Bhayangkari Dharmasraya Panen Sayur

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Dharmasraya, Syafruddin menjelaskan, pasangan muda-muda yang diamankan di kamar hotel tersebut dibawa ke Polres Dharmasraya.

“Setelah itu dipanggil kedua orangtuanya dan diberi pembinaan. Mereka dibebaskan tentu saja setelah membuat surat pernyataan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto menegaskan sangat mendukung kegiatan tim dalam menertibkan penyakit masyarakat.

“Kita sangat apresiasi kegiatan tim dalam menertibkan kegiatan penyakit masyarakat tersebut. Apa lagi ibadah bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Mudah-mudahan pelaksanaan bulan suci Ramadhan berjalan dengan aman dan lancar. Dan umat muslim melaksanakan ibadah puasa dalam suasana yang nyaman dan kondusif. Mari bersama-sama kita menghormati pelaksanaan ibadah puasa tersebut, terutama bagi yang tidak melaksanakan ibadah puasa,” ajak Pariyanto. (ita)