Paparkan Strategi PUG, Pariyanto Berharap Dharmasraya Dapat APE

30

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengikuti verifikasi lapangan seleksi penghargaan tingkat nasional yakni Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara virtual dari Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses seleksi penghargaan tersebut. Juga tampak hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Adlisman, Tim Driver (Bappeda), Dinas Sosial P3APPKB, Inspektorat, BKD, serta sejumlah perangkat daerah dan unsur terkait lainnya.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia melakukan verifikasi lapangan terhadap Kabupaten Dharmasraya, Senin (29/03/2021).

Pariyanto menjelaskan, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.


Serta sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Kita berharap apa yang sudah kita paparkan tersebut, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi tim verifikator, selanjutnya tentu saja kita berharap agar Kabupaten Dharmasraya berhasil meraih penghargaan APE tersebut,” harap kader PDI-Perjuangan ini.

Baca Juga:  Setahun Terbengkalai, 4 KM Jalan Tani di Panyalaian Butuh Pengaspalan

Hal senada diungkapkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di hadapan tim verifikator.

Bupati Sutan Riska memaparkan bagaimana implementasi PUG di Kabupaten Dharmasraya. Mulai dari komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, data, sistem informasi dan KIE, pedoman dan metode hingga peran serta masyarakat.

Dikatakan bupati, pelaksanaan PUG di Kabupaten Dharmasraya sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021, dilaksanakan dalam sejumlah program dan kegiatan pada perangkat daerah.

Bahkan, pada tahun 2020, jumlah anggaran responsif gender pada seluruh OPD (38 OPD) di Kabupaten Dharmasraya mencapai Rp 301.143.835.485. (ita)