Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Digelar, Realisasikan 10 Program PKK

7

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Lasmita membuka kegiatan Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2022.

Acara ini dihadiri istri Wagub Sumbar Ny Fitria Amalia Audy, Ketua TP PKK Dharmasraya Ny Dewi Sutan Riska, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya di Gedung Pertemuan Nagari Koto Ranah Kecamatan Koto Besar, Senin, (30/5/22).

Lasmita mengucapkan terima kasih dan memberikan apreasiasi yang sangat besar kepada semua pihak. Khususnya kepada keluarga besar TP PKK Dharmasraya yang telah memfasilitasi kegiatan penilaian gerakan PKK tingkat Sumatera Barat.

“Pelaksanaan Lomba Gerakan PKK ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta Tim Penggerak PKK dan Kader dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat ke depannya,” katanya lagi.

“Semoga melalui gerakan PKK ini dapat terwujud keluarga sejahtera yang berkualitas dan mandiri. Dan diharapkan nantinya dapat memberikan semangat serta motivasi bagi kader PKK, agar terus memaksimalkan tugas serta fungsinya dalam upaya mensejahterakan dan memberdayakan keluarga. Dan saya harap dengan penilaian ini dapat dijadikan sebagai momen untuk pembinaan, silaturahmi sekaligus mengevaluasi pelaksanaan program-program selama ini. Dan bukan hanya fokus kepada predikat juara, namun yang diharapkan adalah realisasi dari 10 program PKK dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya lagi.

Ketua TP PKK Dharmasraya Ny Dewi Sutan Riska mengucapkan terima kasih atas atensi yang luar biasa khususnya pengurus TP PKK Kabupaten Dharmasraya. Dan juga kepada Wali Nagari Koto Ranah selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Nagari, serta kepada Ketua TP PKK Nagari Koto Ranah serta pengurus juga kader yang telah bersungguh-sungguh dan berupaya sebaik mungkin dalam mempersiapkan lomba gerakan PKK tahun 2022 ini.

Baca Juga:  Pramuka Berperan Atasi Covid-19

“Penggerak PKK beserta kader-kadernya selama ini telah melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang lebih sejahtera. Dengan mendorong masyarakat untuk meningkatkan penghayan terhadap Pancasila dan semangat gotong royong, mengembangkan keterampilan dan koperasi, menciptakan ketahanan keluarga. Baik itu dari segi pangan, sandang dan perumahan sehat layak huni. Dan melestarikan lingkungan hidup serta mengupayakan kesehatan masyarakat. Sehingga memberikan nuansa yang berbeda dalam proses pembangunan di Kabupaten Dharmasraya,” ujar Ketua Istri dari Ketua Apkasi Indonesia, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Salah satu unsur penggerak pembangunan PKK dapat memadukan gerak langkah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat melalui 10 program pokoknya. Dewi Sutan Riska yakin para kader PKK di Nagari Koto Ranah ini telah melakukan upaya-upaya terhadap pengembangan kehidupan keluarga menuju terwujudnya cita-cita bersama, yaitu kehidupan keluarga yang lebih sejahtera.

“Besar harapan saya penilaian ini tidak hanya dijadikan untuk perlombaan semata, namun juga sebagai bagian dari pembinaan dan evaluasi serta motivasi untuk menumbuhkan semangat untuk terus berkarya. Secara ikhlas dan tuntas dengan bakti dan karya nyata, dengan terus mengembangkan kreatifitas untuk program pokok PKK yang selaras dengan garis kebijakan dan program-program pemerintah,” pungkasnya,(*)