Sepanjang Jalinsum di Dharmasraya Disemprot Disinfektan

Sepanjang Jalinsum di Kabupaten Dharmasraya disemprot dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus korona. (Foto: IST)

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama TNI dan Polri, Selasa (31/3/2020), melakukan penyemprotan disinfektan serentak di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tempat atau fasilitas umum, hingga ke nagari-nagari. Hal ini merupakan bentuk sinergi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, Danramil Pulaupunjung, Kapt. CAJ Tuti Andayani, ikut terjun dalam aksi penyemprotan disinfektan serentak ini.

Menurut Sutan Riska, Pemkab Dharmasraya akan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sesuai dengan arahan yang diberikan pimpinan.

“Mudah-mudahan dengan cara seperti ini bisa mengurangi, dan diharapkan agar masyarakat paham. Alhamdulillah tingkat kepedulian masyarakat Dharmasraya terhadap upaya penanggulangan Covid-19 tersebut masih tinggi yakni sekitar 80 persen,” ungkap Sutan Riska.

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan, secara serentak seluruh Indonesia. “Makanya Polri bersinergi dengan Pemkab Dharmasraya untuk melaksanakan hal tersebut. Yang jelas sekecil apapun kita akan berbuat untuk menanggulangi Covid-19, insha Allah bermanfaat. Disamping itu kita selalu dan selalu mengingatkan untuk tetap jaga kebersihan, dan juga selalu mensosialisasikan maklumat Kapolri,” tegas Aditya.

Sementara itu juru bicara penanganan Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya, Rahmadian menjelaskan sasaran penyemrotan adalah tempat-tempat yang diprediksikan paling banyak keramaian dan ada kemungkinan virus atau bakteri berkembang. Salah satunya jalan lintas yang dilewati banyak manusia dan kendaraan dan akan berlanjut ke pasar artinya target kita adalah tempat-tempat yang banyak didatangi oleh manusia atau tempat keramaian. Cara tersebut termasuk salah satau cara efektif dalam mengurangi kuman-kuman bisa saja virus bisa juga bakteri.

“Hari ini seluruh kecamatan serentak dengan dua kali pengisian pakai antiseptik yang lebih encer yakni dengan kadar 0,1 persen tidak membahayakan kepada manusia namun masih bisa membunuh virus ataupun bakteri,” tegas Rahmadian.

Menurutnya, penyemprotan dimulai dari wilayah Pulaupunjung, tepatnya di Simpang Jalan Baru KM 5, kemudian berlanjut ke sepanjang Jalur Lintas Sumatera dan sejumlah fasilitas umum. Penyemprotan dilakukan dengan mengerahkan mobil water canon. Di tingkat nagari, pemerintah nagari bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga bergerak melakukan penyemprotan serupa. Penyemprotan dilakukan di tempat-tempat umum bahkan hingga ke rumah-rumah warga. (ita)