Perkaya Kosa Kata Dengan Banyak Membaca

4
GIATKAN MEMBACA: Redaktur Pelaksana Padang Ekspres Ganda Cipta menjadi pemateri dalam kegiatan Padek-Paragon Go to School di SMAN 1 Lareh Sago Halaban, kemarin (2/8).(DEWI FATIMAH/PADEK)

Membaca salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan dan memperluas wawasan serta ilmu pengetahuan. Dengan banyak membaca, secara otomatis seseorang bisa memiliki banyak referensi dalam melakukan aktivitas, terutama menulis.

“Kunci dasar menulis adalah membaca. Artinya, seorang penulis akan gemar membaca untuk menambah bendahara kosa katanya, yang bertujuan agar ketika menulis, penulis bisa memilih kosa kata yang pas dan sesuai dengan apa yang diinginkan,” jelas Redaktur Pelaksana (Redpel) Padang Ekspres Ganda Cipta saat menjadi pemateri pada kegiatan Padek-Paragon Go to School di SMAN 1 Lareh Sago Halaban, kemarin (2/8).

Ganda menuturkan, membaca tidak hanya sekedar dapat menyerap informasi, namun juga bisa membantu mempelajari gaya menulis seseorang. Di sinilah nantinya yang disebut dengan proses latihan dalam menulis.

“Nah, membaca yang dimaksudkan itu tidak hanya sekadar membaca status di media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lainnya, melainkan membaca buku. Entah itu membaca buku novel, cerpen, koran, media massa dan sebagainya,” terangnya.

Ia menambahkan, jika seseorang telah banyak mendapatkan referensi dan pengetahuan dari membaca, dan ingin beralih menulis, maka disarankan agar memiliki teman yang bisa dijadikan mentor atau tutor, yang bertujuan untuk menilai tulisan tersebut.

Baca Juga:  Maksimalkan Potensi Diri Untuk Berkompetisi

Dijelaskan, peran penting mentor bagi seseorang, khususnya siswa dalam menulis adalah ketika sebuah karya tulis siswa sudah jadi, maka mentor akan bekerja untuk menilai dan memberikan arahan, serta perbaikan dalam tulisan tersebut jika memang ada kesalahan dan kekurangan yang ditemukan.

“Tentu namanya latihan, pasti butuh pelatih atau mentor. Belajar secara autodidak bisa saja, tapi percayalah jika ada mentor akan jauh lebih bagus untuk kemampuan kita dalam menulis,” sebutnya. (cr4)