Pokdar Kamtibmas di 5 Kecamatan, Siap Dibubarkan Bila Ada Muatan Politik

6
DIKUKUHKAN: Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Kapolres Payakumbuh mengukuhkan YB Dt Parmato Alam sebagai Ketum Pokdar Kamtibmas Payakumbuh. Di Payakumbuh juga sudah terbentuk pengurus Pokdar Kamtibmas di tingkat kecamatan dan kota, setelah pengukuhan ini.(IST)

Lima kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh, kini memiliki Kelompok Sadar Keamanaan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas). Pengurus Pokdar Kamtibmas pada masing-masing kecamatan ini, sudah dilantik secara maraton, sepanjang pekan lalu.

Untuk pengurus Pokdar Kamtibmas Payakumbuh Barat, Payakumbuh Utara, dan Lamposi Tigo Nagori (Latina), dilantik di aula SMAN 2 Payakumbuh, kawasan Bukiksitabuah. Sedangkan pengurus Pokdar Kamtibmas Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan, dilantik di aula Polres Payakumbuh.

Usai pelantikan itu, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Kota Payakumbuh Yendri Bodra Datuak Parmato Alam, berdiskusi dengan Padang Ekspres. Mantan Ketua DPRD Payakumbuh ini menegaskan, bahwa Pokdar Kamtibmas dibentuk berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 3 Tahun 2015 dan Perkap Nomor 1 Tahun 2021.

“Berdasarkan kedua Perkap tersebut, Pokdar Kamtibmas dibentuk untuk membantu tugas-tugas Polri. Terutama, dalam mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dan aman. Jadi, Pokdar Kamtibmas ini tidak ada muatan lain. Apalagi muatan politik. Jika ada yang mengaanggap ada muatan politik, kami pengurus Pokdar Kamtibmas siap untuk dibubarkan,” tegas Yendri Bodra Datuak Parmato Alam.

Menurut Parmato Alam, Pokdar Kamtibmas yang sudah terbentuk pada lima kecamatan di wilayah hukum Polres Payakumbuh, merupakan Pokdar Kamtibmas satu-satunya yang ada di Sumatera Barat, hingga saat ini.

“Baru satu-satunya Pokdar Kamtibmas di Sumbar yang sudah terbentuk di tingkat kota dan nagari adalah Polres Payakumbuh. Berdasarkan perintah, arahan, dan petunjuk Bapak Kapolres AKBP Alex Prawira yang kita kenal merakyat,” tambah Parmato Alam.

Baca Juga:  Ujian CPNS Jangan Pakai Joki, Jika Kedapatan Peserta Bakal Dipolisikan

Di sisi lain, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira saat menghadiri pelantikan pengurus Pokdar Kamtibmas Payakumbuh Utara dan Latina menegaskan, bahwa Pokdar Kamtibmas memiliki tugas pokok dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat. Sehingga terbangun Kamtibmas yang kondusif.

“Kehadiran Niniak Mamak, alim Ulama Cadiak Pandai, tokoh masyarakat dan pemuda-pemudi di pengurus Pokdar Kamtibmas di tingkat kelurahan dan kecamatan diharapkan dapat mempermudah pemecahan masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat,” ujar AKBP Alex Prawira yang didampingi Kasat Binmas AKP Amirwan.

Kapolres juga menegaskan, bahwa pihaknya akan terbuka untuk berdiskusi dengan pengurus Pokdar Kamtibmas dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

“Apabila ada yang perlu ditanyakan atau ada yang diragukan saat bekerja di lapangan silahkan bertanya kepada Bhabinkamtibmas atau langsung kepada saya. Jangan sampai keraguan dan ketidaktahuan membuat kita mengambil langkah yang tidak tepat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Kapolres Payakumbuh meminta agar pengurus Pokdar Kamtibmas dapat menjadi contoh yang baik di tengah-tengah masyarakat dalam hal Kamtibmas.

“Saat ini kita juga masih di tengah pandemi Covid-19, Pokdar Kamtibmas juga harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19,” demikian kata AKBP Alex Prawira. (*)