4 Tahun Bapelitbang Dipimpin Pejabat Definitif! Gusdian Laora, Terpilih!

7
Safaruddin Datuak Bandaro Rajo Bupati Limapuluh Kota

Empat tahun tidak memiliki pimpinan definitif dan hanya dijabat Pelaksana Tugas (Plt), kini Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Limapuluh Kota dipimpin leader baru, Gusdian Laora.

Mantan Kepala Dinas Pangan ini, resmi dilantik Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Selasa (26/7) lalu. Bapelitbang sebagai “dapur pacu” pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota, memiliki peran strategis dalam percepatan pembangunan Limapuluh Kota.

Arah pembangunan sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan yang telah disusun dalam RPJMD Limapuluh Kota, selanjutnya akan disusun dalam sebuah perencanaan untuk ketepatan dan percepatannya.

Bapelitbang menjadi motor penggerak pembangunan inovatif, penelitian dan pengembangan untuk percepatan pembangunan daerah. “Dipercaya mengemban amanah ini, tentunya kita berkomitmen memajukan Limapuluh Kota lewat perencanaan yang matang, penelitian dan pengembangannya,”ucap Kepala Bapelitbang, Gusdian Laora menjawab pertanyaan Padang Ekspres via pesan WhatsApp nya, Rabu (3/8).

Menurut Gusdian Laora, pembangunan sesuai visi misi bupati dan wakil bupati menjadi pedoman perencanaan pembangunan daerah yang akan disususun Bapelitbang untuk diteruskan masing-masing organisasi perangkat daerah. Bahkan juga melibatkan nagari sebagai pemerintahan terdepan.

Baca Juga:  Bisron Hadi: Reward Prestasi Penting Untuk Motivasi Pelajar

“Memacu progres report program unggulan daerah, nagari kita harapkan dapat mendukungnya melalui pemanfaatan dana nagari. Potensi potensi nagari kita kembangkan sesuai dengan agenda prioritas dan progul dimaksud,” ucap Gusdian Laora ketika menjelaskan apa yang akan dilakukan Bapelitbang ke depan.

Pembangunan daerah yang sudah kita sepakati melalui penetapan RPJMD, maka semua pihak harus bersama-sama, saling bersinergi untuk melaksanakannya dan mencapainya.

”Jadi eksekutif dan legislatif harus sama-sama menuju kearah yang sama, ini tugas kita bersama. Misalnya pokok-pokok pikiran anggota DPRD sebaiknya di arahkan sesuai program unggulan yang ditetapkan,”sebut Gusdian Laora.

Bapelitbang akan memulai dengan memahami rencana pembangunan jangka menengah daerah yang menjadi cita-cita kepala daerah untuk Limapuluh Kota.

”Kita akan mulai dari agenda prioritas dan program unggulan daerah, selanjutnya kita memperkuat fungsi penelitian dan pengembangannya (Litbang), kerja sama dengan perguruan tinggi untuk menemukan data permasalahan yang didapatkan dari penelitian, solusi untuk pengembangan potensi daerah,” tutup Gusdian Laora.(fdl)