Sitapa Satu-satunya Nagari Nominasi KI Sumbar 2020 di Limapuluh Kota

10

Menjadi satu-satunya nagari nominasi keterbukaan informasi publik (KIP), Nagari Sikabu-kabu Tanjungharo Padangpanjang (Sitapa), Kecamatan Luak, dikunjungi Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar, Nofal Wiska dan tim verifikator, Senin (12/10/2020).

Dari penilaian sementara, kata Nofal, Nagari Sitapa sudah memiliki komitmen keterbukaan informasi. Begitu juga inovasi dengan aplikasi-aplikasi baru sebagai role model keterbukaan informasi.

“Sebagai nagari informatif, standar minimumnya sudah terlaksana. Ke depan tentunya akan ada inovasi di Nagari Sikabu ini seperti yang terus dikembangkan Sekretaris Nagari, Herry Wanda,” ucap Nofal.

Menurut jurnalis alumni Fisip Unand itu, jika berbicara keterbukaan informasi di Indonesia, mata lembaga publik dan instansi pemerintah akan tertuju pada Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Limapuluh Kota.

“Sebab memang ini nagari yang cukup aktif dan sudah menjadi contoh pola keterbukaan informasi yang inovatif,” tambah Nofal.

KI Sumbar menetapkan sejumlah badan publik yang menjadi nominasi dengan sejumlah bidang dan kategori. Mulai dari, OPD, pemkab, instansi pemerintah, nagari, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, negeri dan swasta, KPUD, Bawaslu, Parpol, SMK dan SMA.

Baca Juga:  Merakyat, Ali Mukhni Santap Gorengan di Lembah Harau 

Nominasi untuk kategori pemerintahan nagari, selain Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, di Limapuluh Kota juga ada nagari lainnya, dua nagari di Kabupaten Dharmasraya, satu nagari di Pariaman dan Satu Nagari di Pesisir Selatan.

Penjabat Wali Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Trisna bersama Herry Wanda, optimistis bisa kembali menjadi nagari dengan keterbukaan informasi. Sebab inovasi untuk mewujudkan keterbukaan informasi terus digagas agar setiap informasi bisa diakses masyarakat.

“Kita optimistis dengan upaya yang telah dirintis selama ini. Ke depan dengan aplikasi-aplikasi terbaik dan memudahkan masyarakat untuk akses informasi pemerintahan nagari demi kecerdasan bersama, kita bertekad terus berbenah dan berinovasi,” Triana.(fdl)