Antisipasi Penyebaran Covid-19 di LP, Puluhan Andikpas LPKA Ikut Vaksinasi

15
ilustrasi vaksinasi.(NET)

Puluhan Anak Didik Permasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjungpati mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang digelar di Halaman Lapas Setempat, Kamis (12/8).

Jelang pelaksanaan Vaksinasi, puluhan warga binaan tersebut melakukan Komunikasi dengan orang tua mereka melalui handphone yang disediakan pihak Lapas. Hal tersebut dilakukan untuk meminta izin agar mereka bisa di vaksin. Selain izin melalui sambungan telpon, pihak Lapas juga melakukan komunikasi terkait izin dengan orang tua Andikpas melalui whatsapp group.

Kepala LPKA Tanjungpati, Ronald Heru Praptama menyebutkan, selain Andikpas yang mengikuti Vaksinasi, juga ikut divaksin keluarga pegawai LPKA termasuk anak dan masyarakat sekitar.

“Untuk Vaksinasi tahap pertama ini diikuti puluhan Andikpas, termasuk warga sekitar dan keluarga LPKA yang belum divaksin karena kendala kesehatan. Kita targetkan khusus Andikpas hari pertama ini mencapai enam puluh orang,” sebut Kepala LPKA Tanjungpati,

Ronald Heru Praptama didampingi Kasi Pengawasan dan Penegakkan Disiplin, Darisman, Kasi Registrasi dan Klasifikasi, Agusman, dan Kasubsi Registrasi, Herman disela-sela kegiatan Vaksinasi.

Baca Juga:  Prevalensi Stunting makin Mengkhawatirkan

Ronald juga menambahkan, antusias warga Binaan (andikpas, red) untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, termasuk warga sekitar dan keluarga dari petugas LPKA. Hal tersebut terlihat dari ramainya antrean mereka yang ingin di vaksin.

“Antusias Andikpas, warga sekitar dan keluarga petugas LPKA yang belum di vaksin sangat tinggi. Mungkin mereka sudah sangat ingin kunjungan tatap muka segera dibuka, sehingga vaksinasi sebagai salah satu upaya menciptakan kekebalan bersama dilakukan,” ucapnya.

Hingga saat ini, di LPKA Tanjungpati yang membina Andikpas yang tersandung berbagai persoalan hukum tersebut memang belum mengizinkan kunjungan tatap muka/langsung dari keluarga/masyarakat ke dalam LPKA. Pihak keluarga hanya bisa menitipkan barang/makanan dan lainnya bagi keluarga mereka yang tengah menjalani pembinaan kepada petugas jaga/piket LPKA. (rpg)