Bukit Rimbo Piobang Harau Terbakar, Suhu Panas Landa Limapuluh Kota

51

Suhu panas sejak beberapa hari terakhir membuat lahan kering mudah terbakar di Limapuluh Kota. Jika sebelumnya bukit di kawasan kompleks kantor bupati, saat ini, sejak Rabu (18/5) pagi, kebakaran lahan melanda Bukit Piobang, di Jorong Ketinggian, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau membara.

“Ya, terjadi kebakaran di Rimbo Piobang, Jorong Ketinggian Kecamatan Harau. Saat ini pukul 12.30 WIB sedang dilakukan pemadaman oleh Damkar,” ucap Camat Harau, Andri Yasmen.

Kebakaran lahan dan hutan kawasan Harau, cukup mengkhawatirkan. Sebab beberapa tahun lalu, pernah terjadi kebakaran yang cukup luas dan memakan waktu lama untuk memadamkan api. Sebab selain akses yang sulit untuk memadamkan api, gambut yang berada di lapisan tanah membuat api susah padam.

“Saat ini Damkar masih berusaha memadamkan api yang membakar semak di lokasi yang dekat dengan Sekolah ICBS, jalan baru menuju keluar objek wisata Lembah Harau. Mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran luas seperti beberapa tahun sebelumnya,” harap Camat Harau.

Hal yang sama juga diharapkan, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Paspora) Kabupaten Limapuluh Kota, Desri. Sehingga kawasan hutan dan lahan yang berada di kawasan Lembah Harau, terhindar dari kebakaran.”Mudah-mudahan api bisa dipadamkan segera dan tidak meluas. Kita doakan Damkar bisa memadamkan kebakaran segera,” harap Desri.

Musibah kebakaran ini dibenarkan, plt Kalaksa BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol. “Saat ini teman-teman BPBD dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdalops PB BPBD, sudah berada di lokasi,” sebut Rahmadinol. (fdl)