Rotasi Pejabat Segera Bergulir, Ini Penjelasan Safaruddin!

25
Safaruddin Datuak Bandaro Rajo Bupati Limapuluh Kota

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo memastikan, akan segera melakukan rotasi dan mutasi pejabat di daerahnya. Terutama untuk menindaklanjuti hasil job fit (uji kompetensi atau penyesuaian jabatan) dan hasil evaluasi kinerja pejabat pimpinan tinggi pratama yang sudah dilaksanakan akhir Mei lalu.

“Sudah ada izin dari KASN (Komite Aparatur Sipil Negara). Insya Allah, dalam pekan ini, akan ada rotasi,” kata Safaruddin Datuak Bandaro Rajo saat dihubungi Padang Ekspres usai memberi kuliah umum bertajuk “Kurikulum Muatan Lokal: Peran Strategis Pemda Dalam Melestarikan Bahasa dan Sastra Minangkabau” di ruang seminar Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, Padang, Senin siang (25/7).

Safaruddin yang akrab disapa Datuak Safar menyebut, rotasi dan mutasi yang akan bergulir di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, dilakukan untuk penyegaran di tempat kerja baru. Sekaligus untuk memacu kinerja aparatur pemerintah daerah.

“Rotasi yang akan digelar dalam waktu dekat ini, untuk menindaklanjuti hasil job fit dan hasil evaluasi kinerja pejabat pimpinan tinggi pratama. Nanti beberapa pejabat akan dirotasi untuk penyegaran dan memacu kinerja,” ujar Datuak Safar.

Saat ditanya Padang Ekspres apakah rotasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat, juga untuk mengisi lima jabatan pimpinan tinggi pratama yang masih dijabat oleh Plt (Pelaksana Tugas)? Datuak Safar menyebut, untuk jabatan yang masih dijabat Plt, nantinya akan dilakukan seleksi terbuka.

“Rotasi yang akan digelar ini untuk menindaklanjuti hasil job fit akhir Mei lalu. Nanti setelah rotasi ini, baru dilakukan lagi seleksi terbuka untuk mengisi jabatan yang dijabat oleh Plt,” kata Datuak Safar.

Baca Juga:  Tak Minder!! Poni Pratama, Disabilitas Aktif di Bamus Nagari Sitapa!

Adapun lima jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota yang masih dijabat oleh Plt adalah jabatan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang).

Kemudian, jabatan Inspektur (Kepala Inspektorat), jabatan Kepala Pelaksana BPBD, jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, serta jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Sedangkan jabatan lainnya, sampai kini masih dijabat oleh pejabat defenitif. Namun dalam waktu dekat ini, beberapa pejabat defenitif itu bakal dirotasi, sesuai hasil job fit dan hasil evaluasi kinerja pada akhir Mei lalu.

Kabarnya, proses job fit yang digelar Pemkab Limapuluh Kota pada akhir Mei lalu, diikuti oleh Kepala BKPSDM Aneta Budi Putra, Kepala Disdikbud Indrawati, Kadis Damkar Alfian, Kadia Pangan Gusdian Laora, Kepala Badan Keuangan Irwandi, dan Asisten II Fitma Indrayani.

Sedangkan proses evaluasi kinerja pada akhir Mei lalu, dilakukan Pemkab Limapuluh Kota terhadap dua peiabat pimpina tinggi pratama. Yakni, Kepala DPMPTSP Ambardi, serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Radimas.

“Iya, saya termasuk yang ikut dalam job fit di Hotel Daima Padang itu. Sebelum ikut job fit, saya membuat makalah yang memetakan potensi apa yang akan dikembangkan pada OPD yang dituju atau diminati. Termasuk capaian apa yang harapkan jika menduduki atau memimpin OPD tersebut. Pemetaan potensi harus sesuai visi-misi Bupati dan Wabup,” kata Kepala BKPSDM Aneta Budi Putra.

Sekkab Limapuluh Kota, Widya Putra menyebutkan, tujuannya untuk mendapatkan ASN yang memenuhi persyaratan sesuai standar kompetensi. (frv)