Demi Pekerja, Usaha Kerupuk di Limapuluh Kota Harus Tetap Bergerak

Tetap bertahan: Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika meninjau usaha pembuatan kerupuk di Kototangah, Batuampa yang hingga kini masih bertahan walau dengan kondisi yang terseok-seok. (IST)

Industri rumah tangga pembuatan kerupuk ubi di Nagari Kototongah, Batuampa, Kecamatan Akabiluru harus tetap berproduksi. Sebab ada sejumlah warga menggantungkan sumber ekonomi pada industri rumahan tersebut sebagai pekerja.

Masyarakat tetap bekerja membuat kerupuk merah dan kerupuk ubi, sebagai produk unggulan. Kendati pasar sedikit lesu, namun usaha harus tetap bergerak. “Setidaknya terus berproduksi dan menghasilkan keuntungan untuk para pekerja bertahan hidup dalam kondisi wabah Covid-19,” ungkap, Masni, salah seorang warga di Kototangah, Batuampa, Selasa (28/4).

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi yang melihat kondisi usaha masyarakat secara langsung, memberikan apresiasi dan dukungan kepada masyarakat agar tetap sabar dan terus berjuang menghadapi kondisi ekonomi yang kian sulit akibat wabah virus saat ini.

“Kita berharap produksi kerupuk dan industri rumah tangga lainnya hingga kebutuhan pangan bisa terus berjalan. Sehingga dalam menghadapi wabah Covid-19, masyarakat memiliki ketahanan pangan dan ekonomi yang baik hingga kondisi membaik,” ucap Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi yang berkunjung ke Kototangah, Batuampa, kemarin.

Selain produktivitas ekonomi masyarakat dari sisi pangan dan industri rumahan, Irfendi Arbi juga apresiasi kebersamaan masyarakat dalam pembangunan jalan sebagai infrastruktur nagari dari sumber Dana Desa (DD) yang sudah mulai dilaksanakan di Nagari Kototangah, Batuampa.

Pengerjaan pembangunan jalan rabat beton yang merupakan jalan lingkar sepanjang 3 kilometer tersebut, masih ada sisa pengerjaan sepanjang 385 meter dan kini juga masih dalam tahap pengerjaannya. Jalan lingkar padat karya Subarang Parit Data Tanjuang Bungo ini, sebagai akses transportasi utama masyarakat.

“Jalan ini sekaligus jalan ekonomi, karena melewati rumah-rumah penduduk juga ladang perkebunan, persawahan dan industri kecil menengah,” kata Walnag Kototongah, Batuampa, Syamsul Akmal.

Bupati Irfendi Arbi juga memberikan masker bagi para pekerja dan mengimbau masyarakat agar tetap jaga jarak dan wajib pakai masker di luar rumah. “Laksanakan Protokoler kesehatan agar penyebaran mata rantai Covid-19 bisa diputus. Selamat menunaikan ibadah puasa walau bekerja di siang hari,” ucap Irfendi. (*)