Tekan Penyebaran Korona, Pemeriksaan Kesehatan Harus Secara Masif 

87
ilustrasi. (net)

Pemeriksaan kesehatan terhadap pelaku perjalanan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, mesti dilakukan secara masif. Ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Kamis (02/07/2020). Dia mengakui, masih banyak warga di Mentawai yang enggan memeriksakan diri. “Sebetulnya, tidak ada alasan untuk enggan memeriksakan diri. Saat ini, tenaga medis kita melakukan pemeriksaan 4 kali dalam seminggu secara gratis. Baik itu rapid tes, maupun tes swab ,” katanya.

Menurut Lahmuddin, untuk pemeriksaan terhadap warga yang sempat kontak erat dengan pasien masih belum ada kendala. Kendalanya pelaku perjalanan ke luar Mentawa yang masih banyak menolak untuk melakukan tes swab.

Saat ini, kata dia, total pengambilan sampel swab di Kepulauam Mentawai sudah berjumlah 1.231 orang. Itu dilaksanakan semenjak tanggal 9 Maret hingga 2 Juli dengan jumlah positif Covid-19 sebanyak 8 orang.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Mentawai, Juni Arman mengharapkan, masyarakat bisa mematuhi aturan penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Jika memang telah melakukan perjalanan ke luar daerah, lebih dari tiga hari mesti memeriksakan diri dengan sukarela.

Baca Juga:  101 Paket Tender Dilelang, 1 Lagi Gagal

“Sudah semestinya, pelaku perjalanan saat kembali bersedia memeriksakan diri. Baik itu, rapid test maupun tes swab. Ini tidak lain, bertujuan demi kebaikan kita bersama,” katanya. (rif)