Satu Orang Positif Korona, Keluar-Masuk Mentawai semakin Diperketat 

39

Warga Pagai Utara Positif Covid-19, Sempat Bekerja di Salah Satu Depot Air Minum Isi Ulang di Tuapejat  Status Kabupaten Kepulauan Mentawai yang masuk zona hijau berubah setelah satu orang warganya terkonfirmasi positif korona (Covid-19) berdasarkan hasil pemeriksaan sampel oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Selasa (01/09/2020).

Pasien suspect ini merupakan warga Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara, yang tergabung di dalam 15 sampel yang sebelumnya diperiksa tim dari laboratorium Unand. Kelima belas orang ini diduga pernah satu kapal dengan salah seorang warga Sijunjung yang lebih duluan terpapar korona.

“Sampai saat sekarang kita belum tahu, apa yang bersangkutan terpapar di atas kapal. Atau yang bersangkutan sebelumnya sudah terpapar di Tuapejat, sebelum berangkat ke Sikakap,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Rabu (02/09/2020).

Ia menjelaskan, pasien laki-laki berusia 23 tahun tersebut sudah menjalani isolasi.  Dengan adanya kasus ini Pemkab Mentawai katanya, akan melakukan tes swab massal kepada ASN di Mentawai.

Disebutkan, total sementara warga Mentawai yang sudah melakukan tes swab sebanyak 179 orang.  “Sekarang untuk penumpang yang turun di Sikakap sebanyak 122 orang sudah lanjut tes swab tahap dua. Dimana, sebanyak 103 orang hasilnya negatif. Kemudian 17 sampel yang dikirim, terkonfirmasi positif 1 orang. Sementara, dua orang lagi, belum keluar hasilnya,” katanya.

Baca Juga:  Covid-19, Semen Padang Fasilitasi Karyawan Vaksin Booster Gelombang Ketiga

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Pemkab Mentawai, Serieli Bawamenewi, mengatakan, saat ini, kondisi Mentawai sudah masuk zona kuning. Untuk itu, katanya, pengawasan dan regulasi terkait protokol kesehatan akan ditingkatkan. “Sekarang zona kita tidak lagi hijau, namun sudah kuning. Nah, pengawasan orang keluar-masuk akan semakin kita perketat. Termasuk juga terkait regulasi protokol kesehatan itu sendiri,” pungkasnya. (rif)