Siap-siap! Yang Mau ke Mentawai bakal Wajib Tes Swab

202

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan mewajibkan tes swab bagi pelaku perjalanan yang datang ke Mentawai. Untuk itu, pelaku perjalanan yang akan datang ke Mentawai diharapkan agar lebih merencanakan lagi waktu perjalanannya.

Hal itu disampaikan, juru bicara kebijakan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli Bawamenewi kepada wartawan, Jumat (2/10/2020) siang.

Dia mengatakan kebijakan tersebut, seiring dengan terus bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai. “Memang saat ini kita masih zona kuning. Nah, untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19, Bupati berharap pelaku perjalanan wajib memiliki surat keterangan hasil tes seab negatif. Pemkab Mentawai juga sudah menyurati Gubernur soal kebijakan tersebut,” ungkapnya.

Ia berharap kebijakan tersebut mendapat persetujuan dari provinsi karena sudah menyangkut lintas kota atau antar daerah. Terkait langkah tersebut, tenaga kesehatan Mentawai akan disiapkan untuk melakukan pengambilan swab di kantor Perwakilan Mentawai di Jalan Azizi Padang.

“Kita berharap, untuk hasil swab nantinya tidak membutuhkan waktu lama. Sehingga, pelaku perjalanan ke Mentawai betul-betul orang yang sudah terbebas dari Covid-19. Pengambilan sampel swab ini akan kita laksanakan secara gratis hingga Desember 2020. Setelah itu, akan ada kebijakan untuk warga kurang mampu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gubernur Minta Ibu Hamil Tes Swab

Alasan pengambilan kebijakan tersebut, paparnya, tidak lain karena keterbatasan akses dan tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain itu, juga untuk meminimalisir terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Bumi Sikerei.

“Tujuan kita semata-mata untuk menjaga agar masyarakat terhindar dari Covid-19. Kita harap hal ini bisa dipahami bersama,” pungkasnya. (rif)