Tekan Penyebaran Covid-19, ASN Lakukan Tes Swab

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai, gugus tugas melakukan tes swab atau PCR secara massal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN atau tenaga kontrak. Hal ini, juga terkait dengan adanya temuan kasus Covid-19 di atas salah satu kapal tujuan Mentawai.

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, mengatakan, tes swab tersebut, dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai. Hal itu, katanya juga menyikapi adanya temuan satu warga yang positif dari Kabupaten Sijunjung yang masuk ke Mentawai.

“Tentunya, kita harus meningkatkan tracking melalui tes swab, terutama kepada ASN dan juga tenaga kontrak. Sebisa mungkin, ASN yang ada di Tuapejat akan kita lakukan tes swab secara massal,” ungkap mantan Sekretaris DPRD Kepulauan Mentawai tersebut.

Dia menjelaskan bahwa tes swab dilakukan terutama khusus wilayah Tuapejat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara bertahap. Dimana, setiap OPD ada yang bepergian keluar daerah seperti ke Padang untuk melaksanakan tugas atau kegiatan lainnya serta ASN yang kembali ke Mentawai.

“Karena ada ASN yang keluar Mentawai ke Padang dalam rangka tugas atau urusan keluarga. Tentu, hal ini harus kita perketat dan bagaimana setelah mereka kembali dari Padang aman dari virus Covid-19. Inilah, salah satu tujuan kita,” ujarnya.

Baca Juga:  Dari 117 Kasus Positif di Sumbar, Agam Tertinggi dengan 31 Kasus

Menjelang hasil tes swab keluar dua hingga tiga hari ke depan, katanya ASN yang sudah melakukan tes swab dapat melaksanakan karantina mandiri di rumah. Bila ada ASN yang positif akan dilakukan isolasi di RSUD Tuapejat.

“Jadi jika ada pegawai kita di OPD ini yang positif Covid-19, maka akan dilakukan isolasi di rumah sakit. Kita sudah menyiapkan ruang isolasi. Kalau diisolasi di rumah, kita khawatirkan pemantauannya tidak maksimal,” katanya.

Selain melakukan tes swab secara bertahap bagi ASN, lingkungan dan sarana perkantoran juga dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Hal ini, bertujuan untuk menghindari virus yang masih hidup dan tinggal di area-area publik.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Jumat (04/09/2020), mengatakan, jumlah ASN dan tenaga kontrak yang sudah melakukan tes swab sebanyak 102 orang. Tes swab katanya akan terus dilaksanakan secara bertahap di area perkantoran.

“Kita akan terus melakukan tes awan secara bertahap. Kita berharap, tidak ada yang terpapar. Kalau pun ada, yang terpapar, kita berharap, cepat segera ditemukan. Intinya, masyarakat harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (rif)