Terjadi Penyebaran Lokal, Ayo Patuh Protokol Kesehatan!

27

Untuk pertama kalinya, Kabupaten Kepulauan Mentawai memecahkan rekor kasus positif Covid-19 terbanyak per hari ini tanggal 5 Oktober 2020 mencapai 8 orang. Kasus yang masih berasal dari klaster perkantoran di Tuapejat, pusat Ibukota Mentawai itu menjadikan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Mentawai sebanyak 56 orang.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, Senin, (5/10/2020) siang. Dia mengatakan, delapan kasus terkonfirmasi tersebut, berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebanyak 2 orang.

“Lalu, tiga orang dari lingkungan sekretariat daerah. 1 orang dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Kemudian, 2 orang warga Desa Nemnemleleu, Kecamatan Sipora Selatan. Diduga, terpapar dari kunjungan salah seorang klaster kantoran,” ungkapnya.

Saat ini, katanya, ke-8 pasien tersebut, sedang melakukan skirining di RSUD. Untuk pasien yang berasal dari Desa Nemnemleleu langsung diisolasi di Puskesmas Sioban. Kedua pasien tersebut, merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hampir seluruh pasien, ungkapnya, tidak melakukan perjalanan ke luar Mentawai. “Artinya, penyebaran Covid-19 sudah masuk kategori lokal,” ujarnya.

Baca Juga:  Empat Positif, Dua adalah Anggota Polres Mentawai

Ia mengingatkan, masyarakat menghindari kerumunan dan jaga jarak, serta selalu menggunakan masker. (rif)